Take a fresh look at your lifestyle.

Menjadi Supervisor bersama Teguh Budiono

9
Minggu lalu, mata kuliah Kapita Selekta kembali diisi oleh industrialis muda yang datang dari salah satu wilayah dengan potensi tambang batubara yang cukup besar di Indonesia. Kalimantan. Pemateri kami ini merupakan pria kelahiran sumbawa 27 tahun yang lalu dan pernah mengenyam pendidikan teknik pertambangan di Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. Saat ini beliau telah menjabat sebagai supervisor di PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) yang mana merupakan kontraktor pertambangan batu bara terbesar kedua di Indoensia.Beliau adalah Teguh Budiono.

Dalam kesempatan tersebut, beliau menjelaskan tentang penyebaran batubara yang paling banyak terdapat di wilayah Kalimantan dan juga Sumatra. Saat ini hasil pertambangan batu bara sendiri 76 % masih di ekspor ke luar Indonesia dengan 24% sisanya dimanfaatkan di dalam negeri. 83% dari total 24% yang dimanfaatkan di dalam negeri digunakan sebagai bahan bakar PLTU dan sisanya baru digunakan untuk proses industry seperti smelting.

Batu bara memiliki karakter yang mirip dengan arang. Terbentuk dari pakis yang jatuh ke rawa dan mengendap sehingga mengalami perubahan temperature dan tekanan yang jika dibiarkan selama bertahun-tahun akan menjadi batu bara. Harga batubara meningkat setiap tahunnya.
Setiap perusahaan tambang memiliki target penambangannya masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar produksi dapat berjalan maksimal dan tidak ada kerugian dalam bentuk apapun mengingat peralatan yang digunakan dalam pertambangan memiliki biaya oprasi yang sangat besar. PT BUMA memiliki target eksploitasi sebesar 40.000 ton/hari dengan jumlah lapisan yang dibongkar sebesar 172 juta m3. Hal ini hanya dapat dilakukan dengan manajemen yang baik dari supervisor terhadap operator-operator yang bekerja dibawahnya.

Berbagi bersama kami, Pak Teguh menceritakan seberapa pentingnya setiap detik bagi pekerja tambang. Daily job yang biasa dilakukan beliau setiap hari adalah dengan melakukan P5 (pembicaraan 5 menit) kepada seluruh anggotanya. Pembicaraan ini biasanya akan diisi dengan penekanan terhadap pentingnya menjaga keselamatan jiwa dan keberhasilan kerja. Setelah itu, akan dilakukan inspeksi tugas perencana dimana sebagai supervisor, beliau akan melakukan observasi yang selanjutnya akan menjadi over inspeksi.

Hal yang juga sangat penting dilakukan supervisor adalah membuat Instruksi Kerja Harian (IKH) yang merupakan rencana harian yang digunakan untuk mengoptimalkan segala aktivitas pertambangan sehingga dapat mencapai target harian. Waktu satu detik dalam proses loading contohnya sangat penting dan berharga, supervisor harus mampu memilih operator yang cekatan dalam menangani alat-alat berat sehingga waktu batas loading dapat terpenuhi (dalam kasus ini 7 detik) agar proses lainnya tidak terhambat dan bahan bakar yang digunakan untuk kerja mesin lebih sedikit.

Beliau pun menjelaskan bagaimana pentingnya memahami karakter dan latar belakang seluruh anggota guna pengoptimalan kinerja. Setiap hari pula akan dilakukan inspeksi harian yang bertujuan untuk observasi hal-hal yang terjadi selama jam kerja berlangsung. Untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh para pekerja, supervisor juga perlu melakukan tes fatigue, dimana anggota akan diminta untuk turun dari alat-alat operasi dan berdiri sambil mengangkat salah satu kaki. jika dalam tes ini terbukti anggota mengalami kelelahan maka sangat penting untuk mengganti anggota tersebut dan membiarkannya beristirahat.

Jam kerja PT BUMA biasanya berkisar antara 12 jam atau lebih setiap shiftnya. Sehingga sangat penting memastikan para pekerja tetap dapat menjaga kesehatannya.
Di akhir pembicaraannya beliau tidak lupa memberikan banyak motivasi untuk dapat menjadi apa yang dicita-citakan dengan mendekatkan diri kepada Tuhan dan senantiasa  meminta doa dari kedua orangtua. Selain itu beliau berpesan agar fresh graduated tidak lagi khawatir kalah bersaing dengan orang-orang yang memiliki pengalaman kerja, karena saat ini banyak perusahaan mencari dan menaruh minat dengan keawaman fresh graduated yang dinilai sangat mampu menganalisis permasalahan secara lebih detail.
#KapSel2018

Leave A Reply

Your email address will not be published.