Take a fresh look at your lifestyle.

DOSEN FAKULTAS EKONOMI LAKUKAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BUM DESA DI DESA SUMUR BATU KECAMATAN BABAKAN MADANG

32


Pengembangan basis ekonomi di pedesaan sudah semenjak lama dijalankan oleh pemerintah melalui berbagai program. Namun upaya itu belum membuahkan hasil yang memuaskan sebagaimana diinginkan bersama. Oleh karena itu, pemerintah menerapkan pendekatan baru yang diharapkan mampu menstimulus dan menggerakkan roda perekonomian di pedesaan adalah melalui pendirian kelembagaan ekonomi yang dikelola sepenuhnya oleh masyarakat desa yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) sebagai salah satu program andalan dalam meningkatkan kemandirian perekonomian desa. Pada kenyataannya, meski sudah banyak regulasi terkait upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan desa, ternyata kesadaran aparatur desa khususnya di Kabupaten Bogor untuk mendirikan lembaga keuangan mikro maupun BUMDes masih kurang.

Selain itu, masih belum pahamnya aparat desa dalam menjalankan mekanisme sistem pengelolaan keuangan desa yang memang sudah ada aturannya. Hal tersebut yang menjadi kendala. Padahal BUM Desa itu sebagai pilar ekonomi desa. Dalam aturan sudah disebutkan satu desa wajib memiliki satu BUM Desa, yang jenis usahanya apa saja disesuaikan dengan potensi, sumber daya dan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat. Salah satu Desa yang ada di Kabupaten Bogor yaitu Desa Sumur Batu Kecamatan Babakan Madang telah memiliki BUM Desa sejak tahun 2014. Namun hingga kini perkembangan BUM Desa diwilayah tersebut masih belum memberikan dampak positif positif bagi kemajuan ekonomi di Desa Sumur Batu Kecamatan babakan Madang.

Keterlibatan pihak lain diperlukan untuk membantu perkembangan BUM Desa.
Universitas Pakuan sebagai salah satu perguruan tinggi yang ada di wilayah Bogor melalui Fakultas Ekonomi peduli akan kondisi BUM Desa di wilayah Kabupaten Bogor. Berdasarkan hal tersebut Fakultas Ekonomi melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa pendampingan terhadap pengelolaan BUM Desa di Desa Sumur Batu Kecamatan Babakan Madang. Lingkup kegiatan yang dilaksanakan berupa : Penguatan kapasitas pengurus dan karyawan BUM Desa, Peningkatan kelembagaan BUM Desa dan kegiatan penyusunan rencana bisnis untuk peningkatan usaha dan pengembangan permodalan yang inovatif, kreatif dan variatif, membentuk dan mengembangkan jaringan antar BUM Desa serta membentuk media komunikasi yang efektif antar BUM Desa. Tim yang dipimpin oleh Retno Martanti Endah Lestari, SE.,M.Si yang merupakan dosen Program Studi Akuntansi juga melibatkan dosen dari Program Studi Manajemen yaitu Herman, SE., MM, Nizam M Andrianto, SP.,MM serta melibatkan Mahasiswa dari Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen.

Kegiatan yang berlangsung selama 10 bulan ini di danai oleh hibah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pakuan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.