Take a fresh look at your lifestyle.

“Pemuda Peduli, Ajang Anak muda cari aktivasi dan kembangkan potensi diri”

52

Berawal dari keresahan pribadi Pringga Fitradi, Founder dari Pemuda Peduli tentang kurang meratanya pendidikan di Indonesia, disertai kualitas pendidikan di Indonesia yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat ditambah lagi kualitas dan kuantitas guru yang tidak sebanding dengan jumlah murid yang ada menjadikan ia bertekad untuk membantu aktivasi pendidikan karakter yang sudah lama dicanangkan oleh pemerintah melalui sebuah Yayasan bernama Pemuda Peduli.

            Dalam rangka mendukung Program Sustainable Development Goals, Yayasan Pemuda Peduli mengambil peran aktif dalam terciptanya sistem dan kualitas pendidikan yang menunjang untuk seluruh masyarakat secara adil dan merata. Pemuda Peduli, mencoba memberikan paham bahwa menjadi seorang relawan itu adalah suatu hal yang keren dan bisa menjadi tren anak muda di masa ini.

            Adapun visi yang yang diusung dari Pemuda Peduli ialah mencetak generasi berpendidikan dan berkarakter. Visi ini, dicapai melalu berbagai misi yang coba direalisasikan. Diantaranya adalah mendorong terciptanya Karakter Bangsa melalui KITA PEKA, Nilai karakter yang berusaha ditanamkan oleh Pemuda Peduli kepada internal volunteer nya dan juga kepada masyarakat secara eksternalnya. KITA PEKA juga  menjadi patokan dari berbagai program yang ada di dalam NGO (Non Governmental Organization) yang berdiri resmi sejak 2016 lalu ini.

            KITA PEKA sendiri, merupakan akronim dari Kreatif, Ingin Tahu, Tanggung Jawab, Aktif, Percaya Diri, Empati, dan Kerja Sama. Terdapat 3 Program utama yang ada dan terus diutamakan mobilisasinya. Diantaranya adalah Bina Desa, Social Traveling, Social Navigation.

            Bina Desa, merupakan sebuah program yang dibentuk oleh Yayasan Pemuda Peduli untuk meningkatkan kualitas pendidikan desa di seluruh Indonesia. Melalui program ini, Relawan Bina Desa melakukan proses pengajaran setiap akhir pekan dengan mengimplementasikan berbagai metode pengajaran dan berkolaborasi dengan pihak eksternal untuk memberikan pengalaman yang lebih beragam baik kepada relawan maupun anak-anak di desa binaan.

            Sampai saat ini, terdapat 3 desa binaan yang ada dalam naungan Yayasan Pemuda Peduli diantaranya Desa Ciberes, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang. Dua desa lain yaitu Desa Cicangkang Hilir, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, dan juga Desa Sirnajaya yang berada di Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat.

Relawan Pemuda Peduli dalam kegiatan Jelajah Desa, salah satu Program Social Traveling tengah berfoto bersama dengan anak-anak di Desa Banjarsari, Pangalengan Kabupaten Bandung pada (12/19)

            Social Traveling, merupakan terobosan dari Yayasan Pemuda Peduli yang menggabungkan kegiatan Volunteer dan juga Tourism di dalamnya. Program ini menyasar anak muda yang memiliki hobi traveling untuk memberikan dampak positif yang lebih dari aktivitas jelajah wilayah pada umumnya.

            Hasil yang diharapkan dari program ini adalah peserta dapat merasakan pengalaman penebaran manfaat saat melakukan kegiatan traveling, juga dapat mengubah pola pikir bahwa menjadi relawan atau melakukan tindakan kerelawanan bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan dan asik.

Relawan Pemuda Pedul saat melaksanakan Program Social Navigation, tengah Bermain dengan anak-anak Desa Baturakit, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Pada (2019)

            Social Navigation, adalah sebuah program pengabdian yang ditujukan untuk masyarakat yang berada di pelosok Indonesia. Dalam program ini cakupan yang dicapai tidak hanya sektor pendidikan karakter, juga sektor lain yang perlu bantuan khusus untuk dibenahi agar masyarakat desa tertuju dapat memiliki taraf hidup yang lebih baik.

            Prioritas program ini adalah masyarakat daerah dengan kondisi 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil). Melalui program ini, Pemuda Peduli mengirimkan relawan muda untuk mengabdi di daerah tertuju dengan masa pengabdian selama 1 tahun. Relawan yang dikirim mengemban tugas untuk melakukan perubahan sesuai dengan pontensi yang ada dan layak untuk dikembangan di masyarakat desa.

            Program ini dilakukan setiap tahunnya dan setelah masa pengabdian selesai, relawan yang dikirim dapat menyebarluaskan informasi tentang keadaan desa yang didapat kepada masyarakat luas sesuai dengan agenda yang disusun dan juga sebagai bahan evaluasi bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan potensi desa yang ada untuk memajukan kehidupan di daerah tersebut.

            Melihat minat berbagi dan juga aktivasi anak muda yang ada, Pada tahun 2019 kemarin, Pemuda Peduli sukses menarik minat anak muda menjadi relawan. Terhitung 500 hingga 600 orang sejak batch terakhir sesuai dengan indeks informasi yang dimiliki oleh Pemuda Peduli.

            Saat ini, Pemuda Peduli sudah memiliki laman resmi yang dapat dikunjungi dan juga sosial media yang dapat dilihat untuk menggapai informasi tentang kerelawanan, program yang sudah dilaksanakan, dan juga aktivasi anak muda apa saja yang berusaha dicanangkan di tahun 2021 ini.

            Jadi, apa lagi yang kamu tunggu?. Minat untuk menjadi relawan atau mungkin tertarik akan aktivasi anak muda apa saja yang ada di dalam Yayasan Pemuda Peduli?.

            Our Website and Social Media:

            www.pemudapeduli.org

            Instagram : @Pemudapeduli.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.