Take a fresh look at your lifestyle.

Perlunya Efektivitas Kurikulum di Masa Pandemi, Himadiksasida Hadirkan Kuliah Umum

33
Kuliah Umum Virtual yang digelar oleh Organisasi Kemahasiswaan Himadiksasida atau Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kuliah Umum Virtual yang digelar oleh Organisasi Kemahasiswaan Himadiksasida atau Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Bogor, 27 April 2021 – Tetap produktif di Masa Pandemi, Organisasi Kemahasiswaan Himadiksasida atau Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, gelar Kuliah Umum Virtual yang bertemakan Pengembangan Efektivitas Kurikulum Di Masa Pandemi, program dari Bidang Pendidikan Himadiksasida.

Dalam pelaksanaan belajar mengajar, kurikulum merupakan salah satu hal yang sangat penting akan kelancaran belajar mengajar di sekolah-sekolah. Di masa pandemi saat ini, efektivitas kurikulum masih belum bisa dilaksanakan dengan maksimal, maka perlu Pengembangan Efektivitas Kurikulum agar kurikulum di sekolah-sekolah dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Kegiatan Kuliah Umum yang dilaksanakan pada 24 April 2021 dan bertemakan Pengembangan Efektivitas Kurikulum Di Masa Pandemi diikuti oleh puluhan peserta yang merupakan calon guru, guru, orang tua, ataupun pihak-pihak yang memerlukan pembahasan mengenai kurikulum, dan materi disampaikan Narasumber yang luar biasa yaitu Ibu Khaerunnisa, M.Pd. dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Ibu Rina Nuryani, M.Pd. Dosen mata kuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan secara Virtual, karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

“Satuan pendidikan dalam kondisi khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dapat tetap megacu pada pendidikan formal, menggunakan kurikulum darurat, atau melakukan penyederhaan kurikulum secara mandiri.” ungkap Ibu Khaerunnisa, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

“RPP darurat covid hanya memuat 3 komponen pokok, yaitu Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan penilaian.” ungkap Ibu Rina Nuryani, M.Pd. Dosen mata kuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor.

“Pada masa pandemi saat ini, siswa/i diharuskan mengikuti kegiatan belajar secara online, peran orang tua para peserta didik merupakan peran utama dalam ketika siswa/siswi belajar di rumah, karena tanpa pengawasan orang tua para peserta didik tidak akan terarah dan kemungkinan dapat menyalahgunakan fasilitas yang ada.” pungkas Elih Solihat Ketua Bidang Pendidikan Himadiksasida, STKIP Muhammadiyah Bogor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.