Take a fresh look at your lifestyle.

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Menyuluh Atasi Keluh Pendidikan

158

Pandemi Covid ‘19 yang melanda saat ini sangat berpengaruh pada segala aspek kehidupan salah satunya dunia pendidikan. Pendidikan dan pembelajaran “dipaksa” harus dilaksanakan dengan siswa “Belajar dari Rumah (BdR)/Pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, diperlukan keterampilan guru dalam menyiapkan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan siswa sejalan dengan era dan keadaan kini. Media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi menjadi alternatif solusinya.

Seiring dengan kebutuhan tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan menyelenggarakan Penyuluhan Bahasa yang bertema “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (Videoscribe:Sparkol dan Canva). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Februari 2021 melalui daring menggunakan aplikasi zoom meeting dan google meeting yang dihadiri oleh dosen sebanyak 16 orang, mahasiswa sebanyak 105 orang, dan para guru 175 orang sebagai peserta suluh dari Kabupaten Cianjur.

Salah seorang mahasiswa sedang presentasi

“Penyuluhan bahasa merupakan agenda tahunan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat (PkM) dan merupakan salah satu program kerja Prodi PBSI dan LBSI”ungkap ketua Prodi PBSI, Drs. Aam Nurjaman, M.Pd.. Setiap tahun tema yang diusung berbeda sejalan dengan perkembangan, situasi, dan kondisi yang terjadi pada dunia pendidikan.

Kepala Bidang Pendidikan SMP Kabupaten Cianjur, Tjupi Kanigara, S.IP. pun ambil peran dalam kegiatan ini, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ada hikmah dengan adanya Covid. Guru dipaksa untuk berevolusi mengemas pembelajaran dan mempersiapkan pembelajaran jarak jauh dengan media daring dan internet. Di akhir sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PBSI, FKIP, Universitas Pakuan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga bermanfaat untuk para guru TK, PAUD, SD, SMP, dan SMK/sederajat se-Kabupaten Cianjur agar terus belajar dan meningkatkan pengetahuannya.

Selain itu, Dekan FKIP, Dr. Entis Sutisna, M.Pd. pun menyampaikan dalam sambutan sekaligus membuka acara bahwa “Jangan pesimis, harus optimis, dan menjaga optimis karena melalui kegiatan Penyuluhan Bahasa dengan materi videoscribe:sparkol dan canva ini memberikan stimulus untuk melaksanakan pembelajaran berbasis daring yang lebih kreatif, variatif, rekreatif, dan efektif”.

Leave A Reply

Your email address will not be published.