Take a fresh look at your lifestyle.

Seminar Proses Kreatif Menulis Karya Ilmiah Jadi Kegiatan Triklinik Pertama

33
Poster Seminar Proses Kreatif Menulis Karya Ilmiah (sebuah kajian metodologi penelitian sastra)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, menggelar acara seminar online pada Sabtu 17 April 2021. Acara tersebut bernama “Seminar Proses Kreatif Menulis Karya Ilmiah (sebuah kajian metodologi penelitian sastra)”. Penyelenggaraan Seminar online tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Triklinik.

Triklinik memiliki arti tiga klinik, dimana penyelenggaraannya akan dilakukan secara berkesinambungan. Klinik pertama merupakan kajian kebahasaan, klinik kedua merupakan kajian kebahasaan, klinik ketiga merupakan kajian pembelajaran. Adapun tujuan dari kegiatan Triklinik, yaitu :

  1. Menumbuhkembangkan rasa kesastraan
  2. Menambah wawasan perkembangan kesastraan secara umum
  3. Menambah pengalaman bagaimana proses kreatif menulis karya ilmiah (metodologi penelitian sastra)
  4. Forum silaturahmi antara kalangan

Seminar yang diselenggarakan hari ini merupakan wujud kegiatan pertama, yakni kajian kebahasaan. Adapun seminar tersebut dinarasumberi oleh Prof. Abdul Rozak dari Universitas Swadaya Gunung Jati. Terhitung peserta seminar yang hadir sebanyak 411 orang. Peserta terdiri dari kalangan pendidikan (mahasiswa, guru, dan dosen) dan umum.

Peserta yang hadir di kegiatan klinik pertama, terdiri dari berbagai instansi dan lembaga seperti perguruan tinggi, organisasi profesi, ADRI, APBI, PPBI, dan lainnya. Tidak hanya peserta dengan beragam profesi, tetapi juga dari berbagai wilayah baik kota maupun kabupaten. Mulai dari Bogor, Detabek, Karawang, Sukabumi, Palabuhanratu, Cianjur, Bandung, Banten, Tangerang, Ciamis, Sidoarjo, Bantul, Brebes, Magelang, Pasuruan, Jepara, Cirebon, Indramayu, Kuningan, Subang, Majalengka, Sumedang, Lamongan, Surakarta,Jambi, Padang, Palembang, Bengkulu, Bandar Lampung, Muara Enim, Bangka Tengah, Batam, Gorontalo, Poliwali Mandar, Dogiyai Papua, Sorong Papua, Lombok Timur NTB, Sulawesi Barat, hingga Kabupaten Luwu.

Kegiatan klinik selanjutnya akan diselenggarakan pada 1 Mei 2021, yakni kajian kebahasaan (forensik bahasa). Acara akan diselenggarakan dengan mengusung tema “Standar Hukum dalam Berbahasa di Media Sosial untuk Mencapai Peradaban Indonesia yang Berkarakter”.

Kegiatan klinik yang terakhir akan diselenggarakan pada 8 Mei 2021, yaknik kajian pembelajaran. Acara tersebut nantinya akan mengusung tema “Lokakarya Media Pembelajaran Digital untuk Menyongsong Revolusi Pendidikan 4.0”

Leave A Reply

Your email address will not be published.