Take a fresh look at your lifestyle.

Bangkitkan Semangat Mahasiswa Melalui Program Bangkit 2021

27
Ilustrasi Program Bangkit 2021 (Sumber : kemdikbud.go.id)
Ilustrasi Program Bangkit 2021 (Sumber : kemdikbud.go.id)

Seiring perkembangan zaman, teknologi yang muncul semakin canggih. Masyarakat dituntut mau tidak mau bisa mengikuti perkembangan tersebut, termasuk di Indonesia. Kemahiran menggunakan teknologi menjadi suatu keharusan di era sekarang ini, terutama untuk kaum muda yang dianggap sebagai penerus bangsa.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan program bernama bangkit 2021 untuk mengasah kemampuan dan pemahaman mahasiswa terhadap teknologi yang sedang berkembang.

Program Bangkit merupakan singkatan dari Bangun Kualitas Manusia Indonesia. Program tersebut berupa pembinaan talenta digital terampil. Pelaksanaan program bangkit ini selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar yakni Kampus Merdeka.

Sebenarnya program tersebut sudah diselesaikan di tahun sebelumnya yaitu 2020. Tahun ini diselenggarakan kembali dengan nama program bangkit 2021. Perbedaan yang paling mencolok dari program sebelumnya yaitu jumlah peserta yang terpilih. Pada 2020, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 2.500 peserta dan yang diterima sebanyak 300 mahasiswa yang menyelesaikan program. Pada tahun ini, dilakukan peningkatan dari 40.000 peserta yang mendaftar, akan terpilih sebanyak 3.000 mahasiswa

Program bangkit 2021 menggandeng sejumlah mitra, seperti Gojek, Traveloka dan Tokopedia serta mitra unggulan lainnya. Hadirnya program tersebut agar mahasiswa cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, sehingga terasah kemampuannya. Hal tersebut sangat penting bagi pengembangan karier para mahasiswa di bidang teknologi.

Mahasiswa di seluruh Indonesia sudah semestinya banyak belajar dari perusahaan berstatus unicorn dan decacorn, terutama milik bangsa sendiri. Dengan begitu, diharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia memiliki kemampuan untuk menciptakan ekosistem perekonomian yang baru melalui canggihnya teknologi.

Referensi Sumber : kompas.com

Penulis : Nuranti

Leave A Reply

Your email address will not be published.