Take a fresh look at your lifestyle.

Cerdaskan Kehidupan Bangsa Melalui Program Kreativitas Mahasiswa

19
Ilustrasi pedoman Program Kreativitas Mahasiswa 2021 (Sumber : simbelmawa.kemdikbud.go.id)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar program-program guna memajukan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Salah satu program tersebut sebenarnya sudah pernah digelar sebelumnya, kemudian digelar kembali di tahun ini. Program yang dimaksud ialah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021.

PKM 2021 merupakan kegiatan yang bertujuan mengembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di seluruh Indonesia. Berbeda dengan tahun sebelumnya ynag lebih mengedepankan konsep, tahun ini PKM lebih difokuskan pada kegiatan riil. Sosialisasi PKM 2021 dilakukan lebih awal. Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap panduan PKM secara keseluruhan, sehingga diharapkan mahasiswa bisa menaati regulasi yang ada dengan baik dan benar.

Pandemi covid-19 memaksa pelaksanaan PKM tahun lalu dilaksanakan secara keseluruhan dari. Maka pada tahun ini akan dicoba motode blender, dimana sistem akan dilakukan baik secara luring maupun daring, selain itu jumlah skema kegiatan dan keanggotaan pun akan berbeda dari tahun sebelumnya.

PKM 2021 akan dilaksanakan selama tiga hingga empat bulan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Adapun setiap skema PKM akan diisi oleh sekitar tiga sampai lima mahasiswa. PKM tahun ini ditargetkan bagi mahasiswa Sarjana (S1) di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Program tersebut dilaksanakan melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan.

Secara garis besar, PKM 2021 dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu PKM lima bidang yang terdiri dari Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kewirausahaan, Penerapan Iptek, dan Karsa Cipta. Setelah itu, PKM Gagasan Futuristik Konstruktif dan yang terakhir PKM Karya Tulis yaitu, Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis (PKM-GT) termasuk dalam golongan insentif.

Seluruh jenis kegiatan PKM 2021 telah disusun sedemikian rupa demi melatih mahasiswa agar mampu menciptakan pemikiran yang kreatif dan inovatif. Dimana pemikiran tersebut dapat dijadikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi di dunia kemasyarakatan, pemerintaha, maupun di dunia kerja. Pada akhirnya dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia, sehingga menciptakan negara yang adil dan makmur.

Sumber Referensi : kompas.com

Penulis : Nuranti

Leave A Reply

Your email address will not be published.