Take a fresh look at your lifestyle.

Di Tengah Pandemi, IPB University tetap Gelar Gebyar Nusantara 2020 secara Virtual

89

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB University menggelar festival budaya bernama Gebyar Nusantara (Genus) secara virtual. Tahun ini Genus 2020 mengusung tema “Pesona Indah Nusantara” yang berarti keindahan ragam budaya Indonesia.

Menurut Rektor IPB University, Prof. Arif Satria, Genus merupakan ajang pertunjukan kebudayaan mahasiswa dari berbagai daerah. Ia pun menyebut Genus hadir sebagai wadah dan bentuk apresiasi kepada para mahasiswa IPB University untuk menunjukkan kebudayaan yang ada di daerah asalnya.

Pagelaran Genus ini bukan hanya sekadar penampilan semata, namun di dalamnya bisa dihayati konteks kebudayaannya atau makna lain yang terkandung di dalamnya.

“Sebab setiap penampilan atau karya seni dari daerah memiliki filosofi dan makna penting sebagai bekal untuk kehidupan,” kata Arif seperti dilansir dari Antaranews.

IPB University merupakan salah satu kampus yang di dalamnya terdapat beragam kebudayaan, suku, agama, ras, hingga bahasa yang ada di Indonesia.

“Keragaman yang ada di IPB University merupakan miniatur Indonesia,” ucap ketua pelaksana Genus 2020, Mutia Pangestu.

Meski dilakukuan secara virtual, Mutia berharap tidak mengurangi esensi dari kegiatan ini dan tetap dapat dinikmati oleh mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, serta masyarakat umum.

Tahun ini, rangkaian Genus meliputi pembukaan, bincang budaya, icon custome, kuliner nusantara, pemilihan putera-puteri organisasi mahasiswa daerah (omda), pasar budaya, dan pagelaran budaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.