Take a fresh look at your lifestyle.

Ilmu Keluarga dan Konsumen, Program Studi Unik dan Menarik yang Hanya Ada di IPB

27
Koin IPB (Sumber gambar : ipb.ac.id)

Pilihan program studi di Indonesia sangatlah beragam. Banyak siswa berlomba-lomba untuk masuk ke program studi unggulan di berbagai universitas. Tahukah kamu ada program studi unik yang hanya ada satu di Indonesia. Salah satunya yaitu Ilmu Keluarga Konsumen yang hanya ada di IPB (Institut Pertanian Bogor).

IPB merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Seperti namanya perguruan tinggi yang satu ini berlokasi di Bogor. Walaupun memiliki nama institut pertanian, tetapi faktanya IPB tidak hanya menyediakan program studi yang berkaitan dengan pertanian. Banyak program studi lain yang cukup unik dan menarik, salah satunya ialah Ilmu Keluarga dan Konsumen. Dikenal sebagai departemen Ilmu Keluarga Konsumen (IKK) yang merupakan bagian dari Fakultas Ekologi Manusia.

Apa itu Ilmu Keluarga dan Konsumen?

Sesuai dengan namanya, program studi Ilmu Keluarga dan Konsumen pada intinya membahas tentang 3 hal yaitu Keluarga, Anak, dan Konsumen. Ketiga hal tersebut dibahas dan dikaji secara mendalam dari sisi keilmuan. Program studi ini memiliki fokus untuk mengembangkan kualitas anak dan memberdayakan keluarga serta konsumen. Mahasiswa dari program studi ini nantinya diharapkan mampu memberikan alternatif penanganan masalah dan mampu memberikan advokasi dalam rangka peningkatan ketahanan keluarga, peningkatan kualitas dan perlindungan anak, serta pemberdayaan konsumen. Untuk saat ini, program studi Ilmu Keluarga dan Konsumen hanya ada satu di Indonesia yaitu tersedia di Institut Pertanian Bogor (IPB). Hebatnya lagi program studi yang satu ini sudah terakreditasi A.

Prospek Kerja

Lulusan dari program studi Ilmu Keluarga Konsumen memiliki peluang bekerja yang cukup luas. Bisa menjadi seorang konsultan di bidang seperti perlindungan konsumen dan keluarga, tumbuh kembang anak, dan perlindungan perempuan. Selain itu, bisa juga menjadi tenaga pengajar dan pengelola pendidikan di sekolah-sekolah, spesialis riset pemasaran konsumen, hingga menjadi bagian dari lembaga pemerintah BKKBN.

Menarik bukan? Teruntuk kamu yang memiliki minat untuk masuk ke program studi Ilmu Keluarga dan Konsumen di IPB. Bisa mencoba berbagai jalur, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan sebagainya. Semoga Berhasil!

Leave A Reply

Your email address will not be published.