Take a fresh look at your lifestyle.

Jangan Lupa Persiapkan Perlengkapan Wajib UTBK

19

Bogor – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tak terasa ternyata sebentar lagi. Tidak ada salahnya mengecek dan mempersiapkan perlengkapan yang wajib diperhatikan saat UTBK nanti. Berikut informasinya yang sudah penulis rangkum untuk Anda.

1. SKL atau Surat Keterangan Aktif

a. SKL ASLI

Perlu diperhatikan, bagi lulusan 2021 yang sebagian besar belum memiliki ijazah, maka Anda bisa membawa Surat Keterangan Lulus (SKL) asli, dengan syarat terdapat :

  • Nama siswa, NISN, NPSN sekolah, dan pas foto siswa terbaru (3 bulan terakhir) pada SKL tersebut
  • Tandatangan kepala sekolah
  • Stempel basah atau cap asli dari sekolah. Tidak diperbolehkan apabila SKL yang sudah ditandatangani dan dicap kemudian diberikan berupa file scan kepada siswa untuk print sendiri.

b. Surat Keterangan Aktif

Juga, bagi Anda lulusan 2021 yang belum mendapatkan SKL bisa menggunakan Surat Keterangan Aktif atau Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah sebagai siswa aktif (bukan dicutikan dan/atau diberhentikan), dengan syarat :

  • Surat tersebut dipersiapkan dalam bentuk hard file bukan soft file
  • Terdapat informasi siswa seperti Nama Lengkap, Tempat dan tanggal Lahir, NISN, dan NPSN
  • Foto siswa berwarna terbaru
  • Terdapat tandatangan kepala sekolah dan stempel asli yang sah (cap basah)

2. Fotocopy Ijazah sudah dilegalisasi

Bagi Anda lulusan tahun 2019 dan 2020 sudah pasti memiliki Ijazah bukan? Namun, tidak perlu membawa yang asli. Cukup bawa fotocopy ijazah dengan syarat sudah dilegalisasi oleh sekolah. Jika tidak memiliki fotocopy ijazah, panitia memperbolehkan membawa ijazah yang asli dengan catatan menjaga baik-baik ijazah tersebut dan risiko kehilangan bukan tanggung jawab panitia. Dan, Anda tidak diizinkan untuk membawa SKL atau Surat Keterangan Aktif, karena sudah bukan berstatus sebagai siswa aktif.

3. Kartu Identitas Diri

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan demi menghindari kecurangan yang tidak diinginkan, Anda diwajibkan untuk membawa kartu identitas resmi dengan memilih di antaranya yaitu:

  • KTP
  • SIM
  • Paspor
  • Kartu Siswa atau Kartu Pelajar
  • Kartu Keluarga jika tidak memiliki salah satu dari keempatnya

4. Kartu Peserta UTBK-SBMPTN 2021

Jangan lupakan Kartu Peserta UTBK-SBMPTN 2021, ya! Karena ini merupakan hal yang sangat penting dan jika sampai tertinggal bisa fatal akibatknya. Berikut syaratnya yaitu :

  • Kartu peserta sudah dicetak berwarna (bukan hitam putih) pada kertas HVS putih berukuran A5/A4/F4 (pilih salah satu saja)
  • Nama lengkap, Foto, Nomor Pendaftaran, dan QR Code UTBK terlihat sangat jelas, tajam, dan tidak berbayang karena nantinya panitia akan melakukan pengecekan keaslian peserta dan scanning QR Code dengan aplikasi khusus

5. Mengacu pada UTBK 2020, Peserta wajib Tes Kesehatan dan Membawa Surat Keterangan Sehat (SKS) yang berlaku 7 hari

6. Mengacu pada UTBK 2020, Wajib Rapid test untuk beberapa pusat yang mewajibkan (contoh: Surabaya). Bagi yang pusat UTBKnya lintas provinsi, maka wajib rapid test

7. Wajib memakai masker sesuai protokol dan sarung tangan.

8. Ketentuan Pakaian dan Atribut

Untuk Laki-laki wajib memakai kemeja (bukan santai/pantai) polos lebih baik, motif diperbolehkan (tidak ramai), celana bahan (bukan jeans), tidak ketat, rambut harus rapi, tidak diperkenankan memakai gelang, dan wajib memakai sepatu.

Untuk Perempuan wajib kemeja menyesuaikan dengan bawahan (tidak boleh ketat), hijab menyesuaikan, tidak memakai makeup berlebihan, tidak memakai gelang, dan wajib memakai sepatu tertutup.

9. Datang Tepat Waktu atau 1 Jam sebelum Ujian

10. Membawa alat tulis sendiri

Itulah informasi mengenai perlengkapan apa saja yang harus wajib dipersiapkan dan dibawa saat UTBK nanti. Semangat! Semoga berhasil!

Penulis: Tyanna Dwi
Sumber: campuspedia


Temukan artikel menarik lainnya di Jendelakita.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.