Take a fresh look at your lifestyle.

Kenali Jurusan Kuliah Langka yang hanya Ada Satu di Indonesia

25

Jendelakita.id, Bogor – Setiap memasuki waktu menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru, tentu banyak lulusan kelas 12 yang dihadapkan oleh beragam pilihan jurusan kuliah. Di antaranya ada yang sudah tidak asing terdengar seperti Ilmu Komunikasi, Hukum, Kedokteran, Manajemen Bisnis, Teknik, Sastra, dan lain-lain.

Namun, Indonesia ternyata memiliki beberapa jurusan kuliah langka yang hanya ada satu di Indonesia, bahkan di universitas tertentu saja, lho. Berikut informasinya, silahkan disimak!

Jurusan Kuliah Langka di Indonesia (dikutip dari Instagram Ditjen Dikti) :

1. Astronomi

Jurusan Astronomi hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Jurusan Astronomi mempelajari seputar benda-benda langit di sistem tata surya dan lebih memfokuskan pada penerapannya dengal imu fisika.

2. Teknik Nuklir

Jurusan langka selanjutnya yaitu Teknik Nuklir yang hanya ada di Universitas Gadjah Mada (UGM). Jurusan yang masuk ke dalam rumpun tekni ini akan selalu dikaitkan dengan Ilmu Fisika dan Matematika selama perkuliahan.

3. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan terdapat di Universitas Airlangga (Unair). Jurusan ini mempelajari tentang robot dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

4. Rekayasa Nanoteknologi

Satu lagi jurusan langka yang hanya ada di Universitas Airlangga (Unair) yaitu mempelajari materi atau sesuatu yang berukuran sangat kecil (nano).

5. Sains Atmosfer dan Keplanetan

Jurusan ini terdapat di Institut Teknologi Sumatera (Itera). Perlu diingat, jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan sangatlah berbeda dengan jurusan Astronomi. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca bumi.

6. Teknik Transportasi Laut

Bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan dunia perkapalan, jurusan Teknik Transportasi Laut bisa menjadi jawabannya. Jurusan ini termasuk jurusan kuliah langka yang hanya ada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Sebagian besar nantinya mahasiswa akan mempelajari tiga major yaitu pelayaran, pelabuhan, dan logistik dunia maritim.

7. Teknologi Batik

Jurusan yang satu ini sangatlah jarang terdengar di Indonesia. Berkat jurusan ini, mahasiswa nantinya tidak hanya mempelajari pola-pola batik saja, tetapi soal filosofi mendalam di balik setiap batik Indonesia hingga menjadi produk kain batik. Jurusan Teknologi Batik hanya ada di kota yang terkenal Batik pesisirnya yaitu Universitas Pekalongan (Unikal).

8. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen hanya ada di Institut Pertanian Bogor (IPB). Para mahasiswa di jurusan ini nantinya akan belajar mengenai peningkatan ketahan keluarga, kualitas perlindungan anak hingga pemberdayaan keluarga. Cocok untuk mereka yang ingin berkarir di bidang pemberdayaan keluarga.

9. Sastra Belanda

Jurusan Sastra yang satu ini hanya ada di Universitas Indonesia (UI). Sama seperti Sastra lainnya, mahasiswa tidak hanya akan mempelajari dari segi kebahasaannya saja, tetapi juga seputar sastra, sejarah, linguistik, dan juga budaya Belanda.

10. Manajemen Industri Katering

Jurusan kuliah langka yang terakhir yaitu Manajemen Industri Katering, cocok bagi mahasiswa yang ingin berkarir di dunia usaha katering. Jurusan ini hanya terdapat di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan mempelajari terkait manajemen operasional usaha di bidang kuliner.

Itu dia jurusan kuliah langka yang hanya ada satu di Indonesia. Bagaimana? Apakah tertarik?


Penulis: Tyanna Dwi
Sumber: detik dan ditjen.dikti

Temukan artikel menarik lainnya di Jendelakita.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.