Take a fresh look at your lifestyle.

Majukan Pertanian Indonesia Melalui Kampus Merdeka

21
Logo program Kampus Merdeka (Sumber : LLDIKTI)

Program pendidikan di Indonesia mulai ditingkatkan kembali oleh pemerintah. Terutama di masa pandemi, dimana banyak pihak pendidikan berjalan kurang maksimal. Muncul program-program baru yang sangat inovatif, bukan hanya demi meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga meningkatkan kualitas diberbagai sektor, terutama pertanian. Program yang dimaksud ialah kolaborasi melalui program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan).

Kampus Merdeka di sektor pertanian mengupayakan regenerasi petani di Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris. Pada program tersebut pihak yang diharapkan bisa berkontribusi aktif ialah kaum millenial. Tujuan utama melalui program kampus merdeka di sektor pertanian yaitu dapat mencetak pengusaha petani millenial, sehingga bisa memajukan pertanian di Indonesia.

Sektor pendidikan dan sektor pertanian memiliki peluang besar untuk kemajuan Indonesia. Potensi cukup besar terletak pada dua sektor tersebut, untuk itu penting adanya kerja sama antara keduanya. Dimana dua sektor tersebut nantinya bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan baik demi kepentingan seluruh masyarakat Indonesia.

Kerja sama antara sektor pertanian dan pendidikan pada dasarnya mencakup mengoptimalkan pendidikan terhadap pertanian, sehingga kapasitas sumber daya manusia bisa meningkat. Penerapan Kampus Merdeka di sektor pertanian memiliki target mencetak pertani-petani millenial yang maju, mandiri dan modern guna mendukung ketahanan pangan serta mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia, sesuai dengan target negara untuk tahun 2045.

Program Kampus Merdeka memiliki dua kelompok program yang sama-sama dikelola secara nasional. Mahasiswa bisa mengikuti program secara nasional seperti pertukaran mahasiswa nusantara. Adapun program lainnya yaitu program Bangkit yang bekerja sama dengan perusahaan Google dan perusahaan lainnya. Kegiatan dilakukan dengan memberikan pelatihan sehari enam jam selama satu semester penuh. Program magang tersebut bisa diikuti dari daerah manapun, baik yang bersifat mahasiswa perorangan maupun yang sifatnya forum konsorsium.

Lulusan dari perguruan tinggi harus bisa bekerja atau membuka lapangan pekerjaan dan memberi manfaat untuk masyarakat. Melalui program Kampus Merdeka di sektor pertanian ini bisa dijadikan tanggung jawab awal. Hal tersebut dilakukan baik untuk mempersiapkan maupunmenghasilkan sumber daya manusia dan pertanian Indonesia yang lebih baik lagi, sebelum akhirnya benar-benar terjun di kehidupan masyarakat sesungguhnya.

Sumber Referensi : kemdikbud.go.id

Penulis : Nuranti

Leave A Reply

Your email address will not be published.