Take a fresh look at your lifestyle.

Optimalisasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

276

JENDELAKITA.ID – Ditengah penerapan protokol kesehatan untuk mencegah Covid 19 tidak menyurutkan tekad para pejuang pendidikan di lingkungan Universitas Pakuan untuk terus melaksanakan Tridharma Perguan Tinggi. Salah satunya pelaksanaan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. Kegiatan PkM ini dilaksanakan atas kerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pakuan dengan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Ikhsan.

Kegiatan PkM dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Ikhsan yang terletak di Jl. Tanjakan Cinangneng Km. 12 Ciampea, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kolaborasi dengan Kelompok Kerja MI (KKMI) Kecamatan Ciampea dengan tema: “Optimalisasi  Total Quality Management (TQM)  dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah”

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Sabtu,  12 September 2020. Kegiatan ini terbagi menjadi 2 sesi dengan tema yang berbeda. Sesi pertama dilakukan dengan pemaparan materi terkait Total Quality Management. Dalam kesempatan ini disampaikan oleh dosen tetap program studi PGSD yakni Ibu Dr. Nita Karmila, M.Pd serta diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari guru dan kepala sekolah.

Sesi kedua dilanjutkan pada hari  Sabtu tanggal 17 September 2020 yakni berupa workshop dengan durasi 7 jam dengan melakukan praktik analisis SWOT terhadap sekolah masing-masing. Peserta melakukan langsung dalam penerapan model Total Quality Management dan kemajuan proses manajemen sekolah masing-masing.

Kegiatan berjalan lancar dan diikuti oleh peserta secara antusias. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara lebih mendalam terkait peningkatan mutu sekolah melalui optimalisasi Total Quality Management.

Kegiatan ditutup dengan penyampaian ucapan terimakasih oleh Bapak Santa, M.Pd. selaku ketua Panitia dari PGSD Universitas Pakuan, serta perwakilan peserta yang disampaikan oleh Bapak Saefudin. Para peserta memiliki harapan agar kegiatan seperti ini akan berlanjut di waktu yang akan datang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.