Take a fresh look at your lifestyle.

Pemberdayaan BUMDesa Makmur Jaya melalui Business Model Canvas

32
Dokumentasi bersama pengelola BUMDesa Makmur Jaya

BUMDesa merupakan usaha desa yang dibentuk/didirikan oleh pemerintah desa dimana kepemilikan modal serta pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat. Salah satu BUMDesa di Kabupaten Bogor yaitu BUMDesa Makmur Jaya Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari berjarak sekitar 8 Km dari pusat kota Bogor.

Desa Sukamantri yang berada di wilayah Kecamatan Tamansari merupakan wilayah pegunungan dengan suhu udara yang sejuk. Memiliki tanah yang subur dan curah hujan yang tinggi Desa Sukamantri sangat cocok sebagai wilayah pertanian, berbagai tanaman tumbuh di Desa Sukamantri dan menjadikan mata pencaharian sebagian warganya sebagai petani. Hal ini merupakan salah satu peluang usaha bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Atas dasar itulah BUMDesa Makmur Jaya Desa Sukamantri salah satu kegiatan usahanya adalah perkebunan jeruk lemon. Namun akhir-akhir ini impor jeruk lemon dari luar negeri cukup tinggi, sehingga ketersediaan jeruk lemon di pasaran menjadi melimpah, hal ini tentu saja menjadikan harga jeruk lemon menjadi murah.

Dokumentasi bersama pengelola BUMDesa Makmur Jaya

Rendahnya harga jual hasil budi daya perkebunan jeruk lemon milik BUMDesa Makmur Jaya selain karena adanya produk impor, juga disebabkan karena, hasil budi daya perkebunan jeruk lemon hanya di jual di wilayah kabupaten Bogor saja, kualitas buah jeruk lemon yang masih kalah saing dengan produk impor, tidak melakukan proses pengolahan buah jeruk lemon menjadi sebuah produk turunan dan tidak adanya penerapan teknologi tepat guna. Atas dasar hal tersebut sebagai bentuk kepedulian, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan yaitu Bpk. Ferdisar Adrian, Bpk. Herman dan Bpk. Abdul Kohar di dampingi beberapa mahasiswa melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa penyuluhan dan pelatihan mengenai penerapan teknologi tepat guna. Tema dari kegiatan ini adalah “Penerapan Teknologi Tepat Guna Business Model Canvas (BMC) Dalam Upaya Pemberdayaan BUMDesa Makmur Jaya”. Tujuan dari kegiatan ini adalah: BUMDesa Makmur Jaya Desa Sukamantri memiliki sistem model bisnis, pengurus BUMDesa Makmur Jaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja BUMDesa Makmur Jaya melalui penerapan Bisnis Model Canvas dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sukamantri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.