Take a fresh look at your lifestyle.

Program Beasiswa LPDP Ditambah menjadi 9 Program

20

Jendelakita.id, Bogor – Beasiswa dari Kementerian Keungan Republik Indonesia yaitu Beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan tahun ini menambah jumlah program sasaran penerima beasiswa. Sasaran penerima beasiswa yang awalnya hanya terdiri dari 3 program, kini bertambah menjadi 9 program.

Pertambahan program beasiswa ini terjadi karena adanya program merdeka belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta agar penerima beasiswa LPDP dapat menyebar ke seluruh Indonesia.

Pendaftaran Beasiswa LPDP mulai dibuka pada tanggal 2 Mei 2021. Untuk yang berminat daftar dan mendapatkan beasiswa ini, silahkan simak informasinya berikut ini.

Program Awal

LPDP pada awalnya hanya mempunyai 3 program beasiswa di antaranya, yaitu Afirmasi, Prasejahtera di daerah 3T dan tertarget di beberapa sektor dokter spesialis, dan Beasiswa umum untuk studi S2 dan S3 terutama yang studi di luar negeri.

Program Tambahan

1. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi S1 dan S2

Sasaran program baru LPDP yang ini memasukkan beasiswa S1 untuk siswa lulusan SMA sederajat yang berprestasi. Untuk mendapatkan beasiswa ini tentu diperlukan seleksi yang sangat ketat dan harus memenuhi banyak persyaratan tertentu.

2. Beasiswa Dosen dan Tenaga Pendidik

Beasiswa ini diberikan untuk mendukung kegiatan riset dan keilmuan, subsidi bagi dosen yang magang di perguruan tinggi.

3. Beasiswa Kampus Merdeka

Tambahan program sasaran beasiswa yang satu ini diperuntukkan untuk mereka yang mengikuti program kampus mengajar, magang dan studi independen bersertifikat, pertukaran mahasiswa merdeka, dan kegiatan yang dilakukan di luar kampus dikonversikan dalam bentuk SKS.

4. Beasiswa Kebudayaan

Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebudayaan dan identitas bangsa yang sasarannya ialah mahasiswa S1, S2, dan S3 baik di luar negeri maupun dalam negeri.

5. Beasiswa untuk Guru dan Tenaga Pendidik

Program beasiswa ini bertujuan supaya guru dan tendik dapat mencapai tingkat akademis dan spesialisan yang lebih tinggi demi kualitas pendidikan yang lebih baik.

6. Beasiswa Vokasi

Sesuai namanya, program sasaran beasiswa ini ialah SMK dan Perguruan Tinggi Vokasi.

Demi meningkatkan kualitas penerima beasiswa LPDP, kriteria dan metode seleksi akan dibuat lebih terstruktur dan diperketat pada perguruan tinggi tujuan dalam semua program beasiswa.

Itu dia informasi mengenai penambahan program sasaran beasiswa LPDP yang menjadi 9 program. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini silahkan kungjungi situs resmi LPDP di sini.

Penulis: Tyanna Dwi
Referensi: campuspedia


Temukan artikel menarik lainnya di Jendelakita.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.