Take a fresh look at your lifestyle.

Program Kampus Mengajar Berikan Pengalaman Berharga Bagi Mahasiswa

37
Program Kampus Mengajar (Sumber : kemdikbud.go.id)

Menterian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki beragam program demi memajukan pendidikan di Indonesia. Salah satu program yang cukup menyorot perhatian publik saat ini ialah Kampus Mengajar. Program tersebut mulai dibuka untuk angkatan pertama pada 9 Februari 2021.

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari Kampus Merdeka. Sesuai dengan namanya program tersebut ditujukan kepada mahasiswa di seluruh untuk menjadi relawan pengajaran membantu para tenaga pengajar lainnya. Tujuan dari diciptakannya Program Kampus Mengajar ialah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mampu mengembangkan diri melalui aktivitas bermanfaat di luar perkuliahan. Selain itu juga, tentunya untuk membantu tenaga pengajar dalam proses pembelajaran, dimana para mahasiswa bisa memberikan inovasi tertentu bagi sistem pembelajaran sehingga lebih interaktif dan menarik.

Program Kampus Mengajar difokuskan pada tingkat SD (Sekolah Dasar). Mahasiswa akan ditempatkan secara menyebar di sekolah dasar di seluruh Indonesia. Bagi mahasiswa yang berhasil bergabung nantinya akan membantu proses belajar-mengajar di sekolah tersebut.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menciptakan Program Kampus Mengajar karena banyak sekolah dasar yang membutuhkan tambahan guru, terutama di masa pandemi. Mahasiswa yang diterjunkan langsung dalam Program Kampus Mengajar diharapkan dapat membantu baik bagi siswa maupun guru untuk mengoptimalkan keterbatasan sarana belajar.

Adapun manfaat-manfaat yang akan didapatkan dari mengikuti Program Kampus Mengajar, yaitu sebagai berikut :

  1. Memberikan pengalaman untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan mengembangkan diri di luar kelas kuliah.
  2. Memperoleh kesempatan berharga untuk berkontribusi dan memberi dampak langsung bagi pendidikan Indonesia.
  3. Memperoleh konversi SKS sampai dengan 12 SKS, bantuan potongan UKT dan bantuan biaya hidup.

Bagi anda yang belum sempat mencoba di angkatan pertama, bisa mendaftar periode berikutnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka kembali pendaftaran program Kampus Mengajar angkatan kedua mulai Juni 2021 dengan fokus pada pengajaran materi literasi, sains, dan literasi matematika. Para mahasiswa yang terpilih akan mengajar di sekolah 3T yaitu terdepan, terluar, dan tertinggal.

Sumber : CNN Indonesia

Penulis : Nuranti

Leave A Reply

Your email address will not be published.