Take a fresh look at your lifestyle.

Seleksi Masuk IPB Jalur Prestasi

27
Koin IPB (Sumber : ipb.ac.id)

Saat ini Institut Pertanian Bogor (IPB) telah membuka penerimaan mahasiwa baru untuk tahun ajaran 2021/2022. Bahkan saat ini peserta didik yang berhasil lolos melalui jalur SNMPTN sudah diumumkan. Diketahui tahun 2021, IPB University menerima sebanyak 1.933 calon mahasiswa baru dari jalur SNMPTN (Berdasarkan artikel republika.co.id yang berjudul “Ini Dia 10 Prodi Terfavorit IPB University di SNMPTN”)

Bagi para peserta didik lainnya yang belum berhasil lolos jalur SNMPTN, masih ada beberapa jalur lain yang tersedia untuk masuk IPB. Terutama bagi lulusan SMA atau SMK sederajat yang memiliki keunggulan dari sisi kreativitas, dan inovasi dalam mengembangkan pengetahuannya dapat menempuh pendidikan ke IPB melalui jalur khusus. Adapun kualifikasinya dilihat berdasarkan pencapaian prestasi baik nasional maupun internasional. Jalur yang dimaksud ialah Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN).

Dibukanya jalur seleksi PIN ini memungkinkan siswa dengan prestasi khusus dapat menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, yakni IPB. Pada dasarnya tujuan dibukanya jalur ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada lulusan SMA atau SMK sederajat yang berprestasi hebat dalam kegiatan akademik seperti olimpiade maupun non akademik.

Jalur PIN membuka kesempatan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi di Lomba Karya Ilmiah, Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Olahraga dan Hafidz Qur’an. Menariknya, mulai tahun ini dibuka juga jalur prestasi dari ekstrakulikuler, seperti Pramuka. Khusus untuk prestasi terkait dengan Pramuka untuk tahun akademik 2021/2022 baru dibuka untuk daerah Jawa Barat.

Jangan sampai ketinggalan informasi. Bagi peserta didik yang tertarik bisa cari informasi lebih lanjut di website resmi IPB yaitu www.ipb.ac.id

Referensi : ipb.ac.id

Penulis : Nuranti

Leave A Reply

Your email address will not be published.