Take a fresh look at your lifestyle.

TIPS HEMAT LISTRIK SAAT KULIAH ONLINE

80

Sudah satu bulan lebih IPB University menerapkan kebijakan pembatasan masuk kampus (Partially Closed Down) dalam mencegah penyebaran wabah COVID-19. Dampak dari kebijakan ini, sistem perkuliahan dan pekerjaan unit-unit kerja di IPB University berubah menjadi sistem perkuliahan jarak jauh/kuliah online dan berbagai pekerjaan yang dilakukan secara online.

Untuk menghemat daya listrik saat kuliah atau kerja online berlangsung, dosen dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Lilis Sucahyo, STP, MSi berikan beberapa tips.

Dalam siaran pers yang diterima BOGOR-KITA.com, Rabu (22/4/2020) dikatakan, lebih baik menggunakan smartphone saat melakukan video conference perkuliahan atau rapat online. Terlebih jika hanya mendengarkan pemaparan atau diskusi interaktif.

“Laptop atau notebook hanya digunakan pada saat diperlukan share screen atau melakukan presentasi serta menjalankan software tertentu selama perkuliahan atau rapat online. Matikan fitur share video setelah diizinkan serta gunakan headphone untuk mendengarkan suara,” ujarnya.

Selain itu, kita bisa atur level brightness pada tingkat kecerahan layar yang rendah serta mengaktifkan mode penghematan daya. Hindari melakukan multitasking aplikasi yang tidak diperlukan selama perkuliahan atau rapat berlangsung.

“Untuk memperpanjang usia baterai lithium, lakukan pengisian daya secara berkala pada level 30-80 persen. Hindari over charging dan pengisian daya semalaman atau dalam jangka waktu lama,” imbuhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.