Take a fresh look at your lifestyle.

Wujudkan Kemandirian Bangsa dengan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia

23
Ilustrasi Membutuhkan Pekerjaan (Sumber : freepik.com )

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia memiliki tingkat pengangguran yang cukup tinggi. Keadaan tersebut semakin parah akibat terjadinya pandemi covid-19. Mengutip dari TEMPO.CO, Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat pandemi Covid-19 membawa dampak yang luar biasa terhadap 29,12 juta penduduk usia kerja. Di mana 2,56 juta penduduk menjadi pengangguran. Demi mengatasi masalah tersebut perlu tindakan untuk memperluas lapangan pekerjaan. Dimana masyarakat usia produktif bekerja didorong untuk berwirausaha sehingga tidak melulu mencari pekerjaan, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud menciptakan program bernama Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI). Program tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran, motivasi, dan kepercayaan pada diri mahasiswa untuk membangun suatu usaha bisa dibilang menjadi seorang wirausahawan. Harapannya ketika mahasiswa lulusan bisa benar-benar menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Faktanya Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan yang cukup besar terkait pengangguran, yaitu adanya pengangguran terdidik. Perlu ada tindakan segera demi menuntaskan segala jenis pengangguran. Mengutip dari liputan6.com rasio kewirausahaan di Indonesia pada tahun 2020 baru mencapai 3,76 persen. Angka tersebut menunjukkan Indonesia masih tertinggal dari negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. PKMI 2021 hadir sebagai salah satu langkah meningkatkan angka tersebut.

Perguruan tinggi memiliki peran penting menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa. Sudah seharusnya lulusan perguruan tinggi bisa menjadi pribadi yang inovatif dan kreatif sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian Indonesia dengan ikut aktif mengurangi jumlah pengangguran. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui program PKMI 2021.

Penyelenggaraan PKMI 2021 terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya yaitu Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI), Akselerasi Bisnis Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) dan Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI). Beragam kegiatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa di seluruh Indonesia, sehingga bisa menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif, sehingga dapat mengharumkan nama bangsa.

Sumber Referensi : kemdikbud.go.id

Penulis : Nuranti

Leave A Reply

Your email address will not be published.