Take a fresh look at your lifestyle.

Kompetisi Sains Nasional Kab/Kota 2021 sudah Dibuka

92

Jendelakita, Bogor – Ada kabar gembira untuk siswa/siswa SMA/MA karena Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran Kompetisi Sains Nasional 2021 tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K).

Sesuai Surat Pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Puspresnas (21/04/21), Registrasi KSN-K tahun ini dilakukan secara daring (online) melalui situs resmi KSN-K Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud.

Untuk siswa/i yang tertarik mengikuti KSN-K, bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan email aktif resmi dari sekolah (emai sekolah).

Pendaftaran KSN-K dibuka dari tanggal 22 -28 April 2021. KSN-K tahun ini dilaksanakan dengan mekanisme Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah/madrasah yang telah ditunjuk panitia untuk menjadi tempat pelaksanaan KSN-K SMA/MA 2021.

Tahap-tahap Registrasi KSN-K:

  1. Mendaftarkan akun satuan pendidikan (asal sekolah) di situs  https://mtn-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/. Pihak sekolah yang mengikuti kompetisi KSN-k wajib mendaftarkan siswa SMA perwakilannya dengan memasukkan email, satuan pendidikannya (Sekolah, Madrasah, Universitas), serta nomor pokok berupua NPSN, SNM, Kode PT.
  2. Melengkapi form registrasi akun. Sekolah wajib melengkapi dan mengecek kembali data siswa/i SMA yang menjadi perwakilan, yang ditampilkan dari API untuk registrasi akun.
  3. Notifikasi registrasi satuan pendidikan. Setelahnya, notifikasi akan muncul ketika proses registrasi sebelumnya berhasil dilakukan.
  4. Aktivasi akun dengan mengecek email yang didaftarkan pada registrasi.
  5. Melakukan login satuan pendidikan. Setelah berhasil aktivasi akun, selanjutnya diarahkan untuk login dengan memasukkan email dan kata sandi (password) yang telah terdaftar.
  6. Pada dashboard satuan pendidikan akan ada file panduan registrasi yang bisa diunduh seperti profil satuan pendidikan dan daftar lomba.
  7. Peserta dapat membaca detail deskripsi lomba mulai dari kriteria sampai peraturan lomba.
  8. Cek nama peserta siswa/i yang telah terdaftar dalam kompetisi di halaman list peserta didik.
  9. Jika ingin menambah peserta baru diharapkan untuk mengisi identitas peserta didik baru berupa email dan NISN/NISM/NIM.
  10. Jika notifikasi NISN tidak ditemukan, nomor induk peserta mengalami masalah, harus segera ditindaklanjuti dengan mengurus di pusat data pokok masing-masing sekolah agar dapat melanjutkan proses pendaftaran.
  11. Setelah nomor induk peserta didik sudah terverifikasi, secara otomatis akan muncul formulir pertama yang meliputi foto, data, data prestasi peserta yang harus diisi. Melengkapi formulir kedua yang meliputi data orangtua, Kartu Indonesia Pintar (KIP), data pelatih/pembina, dan data pendukung.
  12. Lakukan pengecekan secara teliti dan jika semuanya sudah lengkap dan benar, tekan tombol daftar.
  13. Setelah semua proses registrasi berhasil dilakukan, maka peserta akan terdaftar dalam daftar data peserta didik yang dilengkapi oleh aksi lihat dan hapus.
  14. Peserta lomba yang telah terdaftar dapat dilihat ulang dan terdapat fitur untuk memperbaiki data jika terdapat kesalahan dalam proses input data.

Itulah informasi mengenai Kompetisi Sains Nasional SMA/MA tingkat Kota/Kabupaten tahun 2021. Untuk panduan persyaratan dan informasi lebih lengkap, bisa cek situs resmi Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud di sini.

Penulis: Tyanna Dwi
Sumber: puspresnas kemdikbud


Temukan artikel menarik lainnya di Jendelakita.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.