Take a fresh look at your lifestyle.

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) pada Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

230

Oleh : N. Rita kurniawati, S.Pd.

Pada dasarnya pembelajaran diarahkan untuk mencapai empat pilar pendidikan yang meliputi, learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together. Keempat pilar tersebut terangkum dalam proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Salah satu tugas pendidik dalam proses pembelajaran adalah melakukan evaluasi pembelajaran. Akuntabilitas kehandalan proses pembelajaran terletak pada evaluasi pembelajaran, salah satu proses evaluasi pembelajaran adalah penilaian.

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik (Permendikbud 23/ 2016, Standar Penilaian). Tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, menetapkan ketuntasan belajar, menetapkan program perbaikan dan pengayaan proses pembelajaran, serta memperbaiki proses pembelajaran.

Penilaian dapat dilaksanakan dalam kurun waktu harian, tengah semester, dan akhir semester yang kemudian dikenal dengan Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Penilaian harian dan penilaian tengah semester dapat dikategorikan sebagai penilaian formatif yang berfungsi untuk memantau kemajuan belajar peserta didik. Sementara itu penialaian akhir semester termasuk penilaian sumatif yang berfungsi sebagai penilaian pencapaian hasil belajar peserta didik.

Mengingat kondisi pendidikan kita saat ini sedang berada di tengah pandemi, dimana mengharuskan pembelajaran secara jarak jauh (PJJ) yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan). Setelah kurang lebih kita memasuki triwulan pertama proses PJJ di tahun pelajaran ini, dan sudah saatnya kita melaksanakan evaluasi pembelajaran yang dikenal dengan PTS. Lalu bagaimanakah cara ,mengoptimalkan evaluasi pembelajaran selama proses PJJ ini ?

PTS merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan penilaian tengah semester meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan  seluruh Kompetensi Dasar (KD) pada periode tersebut.

Berdasarkan Kurikulum 2013, bahwasanya penilaian mencakup tiga aspek yaitu Penilaian Pengetahuan (Cognitive Domain), Penilaian Keterampilan (Psychomotor Domain), dan Penilaian Sikap (Affective Domain) sesuai dengan tujuannya yang hendak dicapai. Penekanan penilaian secara menyeluruh terhadap ketiga aspek tersebut tentunya membutuhkan ketepatan dalam menentukan teknik dan instrumen penilaian. Penilaian hendaknya dilakukan melalui tahapan–tahapan, yakni mengkaji silabus sebagai acuan perencanaan penilaian, penyusunan kisi–kisi instrumen, penyusunan instrumen penilaian, penetapan kriteria penilaian, pelaksanaan penilaian, menganalisis hasil penilaian, serta memberi tindak lanjut atas penilaian yang dilakukan (Remedial dan Pengayaan).

Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Teknik penilaian pengetahuan terdiri meliputi : tes tertulis, tes lisan, dan penugasan (Asep Ediana Latip: 2018). Dalam pelaksanaannya pendidik bisa memilih salah satu dari ketiga teknik penilaian tersebut. Sebagai contoh, jika pelaksanaannya dilakukan secara daring, sepertinya tes tertulis dengan menggunakan aplikasi google form merupakan salah satu intsrumen yang cukup relevan. Tak hanya itu, tes lisan pun dapat dilakukan pada proses pembelajaran daring, dalam hal ini tentunya pendidik dituntut harus lebih kreatif saat memilih teknik dan instrumen penilaian.

Sementara itu, penilaian keterampilan dimaksudkan untuk mengetahui penguasaan pengetahuan peserta didik yang dapat digunakan untuk mengenal dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sesungguhnya atau dunia nyata. Adapun teknik penilaian keterampilan terdiri dari : penilaian praktik/kinerja, penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Sama halnya dengan penilaian pengetahuan, dalam pelaksanaannya penilaian keterampilan pun pendidik cukup memilih salah satu teknik penilaian saja. Sebagai contoh penilaian praktik/kinerja, yaitu membaca karya sastra atau membaca pidato (reading aloud dalam mata pelajaran bahasa Inggris), melaksanakan eksperimen sederhana dengan bahan dan alat yang ada di sekitar, memainkan alat musik, menyanyi, menari, dan lain sebagainya. Jika pelaksanaannya secara daring, peserta didik dapat mengirimkan hasil kinerjanya melalui video. Ataupun bisa dilakukan melalui penilaian produk, misalnya membuat kerajinan, atau membuat karya sastra (naskah drama, puisi, dan lain–lain).

Lain halnya dengan penilaian sikap yang merupakan penilaian perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran, baik sikap spiritual maupun sikap sosial. Teknik penilaian sikap terdiri dari penilaian utama yaitu observasi, dan penilaian penunjang yaitu penilaian diri dan penilaian antar teman. Dalam pelaksanaannya penilaian sikap dapat dilakukan oleh pendidik dengan cara observasi selama  proses pembelajaran berlangsung, misalnya pada aspek kedisiplinan, jujur, dan tanggung jawab peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran.

Mengacu pada hal diatas, rasanya bukan suatu halangan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran khususnya dalam melaksanakan penilaian, meskipun pelaksanaannya secara jarak jauh dan terbatas, dan tak sedikit kendala yang mempengaruhi pada proses itu sendiri. Dengan demikian kita bisa melaksanakan PTS meskipun dalam proses pembelajaran jarak jauh, tentunya dengan memilih teknik dan instrumen yang relevan. Dalam hal ini sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai pendidik yang harus mampu berkreatifitas dalam menciptakan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai walau bagaimanapun situasi dan kondisinya. Karena sesungguhnya beserta kesulitan pasti ada kemudahan.

N. Rita Kurniawati, S.Pd., Pengajar di SMA Plus Al-Ittihad Cianjur dan MTS Assalafiyah Assirojiyyah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.