Take a fresh look at your lifestyle.

Seberapa Efektif Pembelajaran Daring Terhadap Kemerdekaan Belajar di Masa Pandemi

170

Seberapa Efektif Pembelajaran Daring Terhadap Kemerdekaan Belajar di Masa Pandemi

Oleh: Fikria Tri Oktaviyani

Merdeka belajar merupakan suatu kebebasan yang dimiliki peserta didik dalam berpikir untuk menentukan jalan yang benar dan dapat menjawab seluruh pemikiran atau tantangan mengenai permasalahan pendidikan yang terjadi. Peserta didik mempunyai kebebasan dan kemandirian dalam menemukan dan mengembangkan ilmu, bakat, minat serta keterampilannya. Rancangan ini sangat bermanfaat untuk peserta didik dalam proses pembelajarannya untuk melatih kepercayaan diri, berpikir kritis, berani untuk mencoba, mampu menjawab tantangan, aktif dan kreatif serta inovatif yang membangkitkan semangat peserta didik sebagai agent of change dalam pendidikan dan pembanguan Indonesia menjadi lebih baik dan maju. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Penerimaan Pesrta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021. Oleh karena itu, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik – baiknya untuk meraih prestasi yang gemilang.

Mulai awal Maret virus Covid-19 masuk ke Indonesia membawa pengaruh yang sangat signifikan terhadap keseimbangan berbagai sektor seperti perekonomian, pariwisata, transportasi, terutama pada sektor pendidikan. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan sekolah dan menerapkan metode pembelajaran daring bagi para peserta didik dimulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA hingga PT untuk melakukan pembelajaran di rumah masing – masing sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19 agar tidak meluas. Kebijakan ini diatur dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kebijakan ini mulai efektif diberlakukan di beberapa wilayah di Indonesia, tetapi tidak berlaku bagi sekolah di tiap – tiap daerah khususnya daerah terpencil yang mengalami kendala dalam proses pembelajaran. Tujuan diberlakukannya pembelajaran daring ini, agar lebih efektif dalam proses belajar

mengajar, waktu yang fleksibel, meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan akses dalam situasi pandemi saat ini. Tetapi faktanya masih terjadi kendala dalam proses belajar mengajar yang dirasakan oleh peserta didik dan guru, seperti akses jaringan internet yang tidak stabil, kesulitan untuk memahami materi, tidak semua peserta didik memiliki perangkat penunjang belajar (komputer atau handphone), biaya internet yang mahal, minim interaksi antara guru dan murid, dan berisiko pada anak akan kecanduan gawai. Sehingga pembelajaran daring ini masih kurang efektif terhadap merdeka belajar di masa pandemi.

Dalam situasi saat ini, hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik menjadi penting. Namun tujuan utamanya para peserta didik dapat menguasai tiap pengetahuan yang dipelajarinya. Banyak hal yang diperlukan untuk pembelajaran daring dengan skema merdeka belajar. Dari infrastuktur,  pembinaan para guru, modul pembelajaran yang bervariasi serta kreatif, dan prinsip pembelajaran kolaborasi. Materi pembelajaran yang guru sampaikan dengan menarik dan unik membuat peserta didik tidak bosan, kelas akan menyenangkan, dan dapat meningkatkan minta dan bakat peserta didik untuk berkembang.

Generasi muda berperan penting dalam merdeka belajar di era pandemi ini agar pembelajaran berjalan dengan lancar dan efektif dengan cara menciptakan inovasi baru, mengikuti perlombaan, mengikuti webinar, berpikir kritis terhadap suatu masalah, bersungguh sungguh dalam melaksanakan pembelajaran, dan memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin untuk hal yang positif. Peran seorang guru pun sangat penting dalam proses pembelajaran dengan menciptakan metode pembelajaran yang kreatif bisa menggunakan video animasi atau gambar yang menarik, guru dapat membimbing siswanya out of the track dari rutinitas belajar konten mata pelajaran, dan melakukan tanya jawab mengenai topik yang sudah di pelajari. Solusi untuk pemerintah dalam menangani kebijakan pembelajaran daring agar efektif adalah meyediakan subsidi kuota, pemerataan fasilitas untuk peserta didik diberbagai wilayah khususnya di daerah terpencil, pembinaan terhadap guru,  dan mengevaluasi kebijakan yang telah di buat agar lebih efektif.

Dengan demikian, pembelajaran daring merupakan solusi yang efektif dalam pembelajaran dirumah guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19, menjaga jarak aman menjadi suatu pertimbangan dipilihnya pembelajaran daring. Kerjasama oleh berbagai pihak menjadi faktor penentu agar pembelajaran daring lebih efektif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.