Take a fresh look at your lifestyle.

Android Sarana Belajar Mengasyikan di Era Pandemi ala Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNPAK

50

Jendelakita.id – Biologi adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang makhluk hidup, salah satu yang dipelajari yaitu mengenai identifikasi makhluk hidup.

Selama ini, sistem pembelajaran di sekolah masih dilakukan secara manual dengan menggunakan media buku untuk pegangan dan belajar. Padahal, kemajuan teknologi informasi di era modern berkembang sangat pesat dan memiliki pengaruh penting juga terhadap pendidikan.

Banyak media pembelajaran yang dapat digunakan, salah satu media yang digunakan yaitu aplikasi pembelajaran pada smartphone.

Meskipun perkembangan teknologi begitu pesat dan berkembang, masih banyak sekolah-sekolah yang menuntut siswanya harus mempunyai buku pegangan. Akibatnya, siswa terkadang cenderung malas untuk mencari dan membeli buku.

Oleh karena itu, perlu dilatihkan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan siswa untuk belajar dan mencari materi, tanpa harus membeli buku serta dapat dibaca kapan pun dan di mana pun.

Dari permasalahan tersebut, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan (Unpak) merancang kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan penggunaan android untuk mengidentifikasi makhluk hidup bagi siswa sekolah menengah, yang bekerja sama dengan SMA Negeri 3 Cibinong.

Herlin Kristyosuci selaku Wakasek Kurikulum SMAN 3 Cibinong menyambut baik kerjasama ini. Beliau menyatakan, kegiatan ini dapat menjadi salah satu solusi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa di era pandemi.

Kegiatan yang di pelopori tim PKM Prodi Pendidikan Biologi, melatih sebanyak 358 siswa dan guru biologi agar dapat menggunakan androidnya sebagai sarana belajar mengidentifikasi makhluk hidup di sekitarnya.

Rita Istiana sebagai Kaprodi Pendidikan Biologi berharap, siswa dapat mengaplikasikan android sebagai sarana belajar, tidak hanya hiburan semata. Terlebih, keanekaragaman hayati di Indonesia begitu beragam dan banyak sekali, sehingga menarik diobservasi.

Bima salah satu siswa SMAN 3 Cibinong, merasa senang telah mengikuti pelatihan ini dan merasa senang dapat mempelajari penggunaan android untuk identifikasi makhluk hidup. Kini, dalam mengetahui makhluk hidup di sekitar dapat dengan mudah dilakukan dan dia pun merasa tergerak untuk menjaga kelestariannya.

Ketika generasi muda mengenal makhluk hidup di sekitarnya, maka akan tumbuh rasa sayang dan keinginan untuk ikut menjaga. Dengan demikian, diharapkan keanekaragaman hayati di Indonesia dapat terus lestari.

Penulis : Suci
Editor : Dinda Triana Puspitasari 21

Leave A Reply

Your email address will not be published.