Take a fresh look at your lifestyle.

Karsa Bogor Cerdas jadi Program yang Luar Biasa

31
Bupati dan Wakil Bupati Bogor (Sumber : Portal Resmi Kabupaten Bogor )

Setiap kepala daerah pasti memiliki program-program tertentu demi memajukan daerahnya. Begitupun dengan Bupati Bogor yang memiliki program luar biasa bernama Pancakarsa. Program dengan nama yang cukup unik tersebut memiliki arti lima keinginan atau lima cita-cita. Panca Karsa memiliki tujuan untuk pembangunan dan pertumbuhan Kabupaten Bogor selama lima tahun. Program unggulan tersebut diantaranya. Diantaranya Bogor membangun, Bogor sehat, Bogor cerdas, Bogor maju dan Bogor Berkeadaban.

Saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, program Panca Karsa terutama terkait Bogor Cerdas perlu lebih dioptimalkan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyatakan bahwa selama pandemi, pembelajaran jarak jauh (PJJ) berdampak pada penurunan nilai akademis siswa di seluruh Indonesia. Ade Yasin, Selaku Bupati Bogor menyampaikan berupaya lebih optimal merealisasikan program Panca Karsa, khususnya Bogor Cerdas. Hal tersebut ditandai dengan memprioritaskan vaksinasi kepada tenaga pengajar terlebih dahulu. Tujuannya demi mempercepat pelaksanaan sekolah secara tatap muka.

Pemerintah Kabupaten Bogor telah berupaya mendukung sistem pembelajaran jarak jauh dengan cara memasang sambungan WIFI gratis di 240 titik minim signal atau blank spot. Pembelajaran jarak jauh bukan hanya menjadi alternatif aktivitas belajar dan mengajar tetap terlaksana, tetapi juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah setempat mendukung dengan memberikan fasilitas sebaik mungkin. Tentu saja agar pembelajaran tetap bisa dilaksanakan semaksimal mungkin walaupun belum terlaksananya belajar tatap muka kembali.

Tenaga pengajar mulai dari kepala sekolah hingga guru-guru diharapkan bisa bersinergi dan mengedepankan program Panca Karsa, terutama Karsa Bogor Cerdas. Pada akhirnya pihak-pihak yang diharapkan bisa menumbuhkan semangat melayani, mendorong kreativitas, dan menciptakan sistem belajar dan mengajar yang menyenangkan.

Referensi : merdeka.com

Penulis : Nuranti

Leave A Reply

Your email address will not be published.