Take a fresh look at your lifestyle.

Kemendikbud & Kemenristek Resmi Dilebur, Nadiem Punya Rencana Baru

26

JendelaKita.id, Bogor – Nadiem Makarim dilantik sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi oleh Presiden Joko Widodo setelah Kemendikbud dan Kemenristek resmi dilebur menjadi Kemendikbu-Ristek.

Nadiem menyampaikan bahwa riset dan teknologi merupakan salah satu bidang yang dekat dengan dirinya. Dan beliau sendiri sudah memiliki rencana baru ke depannya untuk Kemendikbud-Ristek.

1. Meningkatkan Kualitas dan Inovasi Perguruan Tinggi di Indonesia

Peningkatan kualitas dan inovasi di bidang riset dan teknologi masuk menjadi salah satu harapan besar Nadiem dalam rencana barunya sebagai Mendikbud-Ristek. Beliau berencana akan bekerjasama dengan BRIN untuk mengembangkan Tri Dharma perguruan tinggi.

“Yang kita (Mendikbud-Ristek) tahu sekarang kita akan menjadi mitra bersama dengan BRIN dan kami sangat semangat untuk bisa bekerjasama dengan Pak Handoko sebagai Kepala BRIN,” ujarnya setelah pelantikan Rabu (28/4/21).

Nadiem berharap kalangan akademisi dapat melahirkan penelitian sebanyak mungkin yang pengembangannya akan dilaksanakan melalui program Kampus Merdeka.

“Walau Tri Dharma dan penelitian universitas ada di bawah Kemendikbud-Ristek, tetapi kami ingin sebanyak mungkin murid-murid, mahasiswa-mahasiswa, dan dosen-dosen kita melalukan penelitan dan program-program Kampus Merdeka,” lanjutnya.

2. Koordinasi Riset dan Transformasi Pendidikan melalui Satu Pintu

Rencana baru kedua yang dipaparkan Nadiem yaitu menciptakan sistem koordinasi satu pintu antara universitas dengan pemerintah pusat.

“Dileburnya dua Kementerian ini (Kemendikbud dan Kemenristek) akan menjadi kabar gembira buat semua universitas. Dan rencananya kita akan ciptakan sistem koordinasi satu pintu dengan pemerintah pusat karena riset dan transformasi pendidikan sudah dalam satu kementerian,” ujarnya.

Itulah informasi mengenai dua rencana baru yang dimiliki oleh Nadiem Makarim setelah Kemendikbud dan Kemenristek resmi dilebur.

Penulis: Tyanna Dwi
Sumber: detikedu


Temukan artikel menarik lainnya di Jendelakita.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.