Take a fresh look at your lifestyle.

Ketentuan bagi Penerima Bantuan Kuota Kemendikbud

50

Bogor – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan kuota internet pada setiap siswa dan tenaga pendidik per bulannya demi lancarnya keberlangsungan pembelajaran jarak jauh (PJJ) tetap terlaksana dengan baik. Sama dengan bulan-bulan sebelumnya, bulan April 2021 ini Kemendikbud akan mencairkan bantuan kuota internet di tanggal 11-15.

Penerima bantuan yang berhak mendapat kuota bulan April 2021 ialah mereka yang menerima bantuan kuota pada November-Desember 2020 (otomatis), sehingga pemimpin satuan pendidikan tidak perlu mengunggah SPTJM lagi. Namun, jika pernah mendapatkan bantuan tapi tidak digunakan sampai habis atau penggunaannya di bawah 1 GB maka tidak bisa menerima bantuan kuota kembali.

Dilansir dari situs Kemendikbud, inilah penerima bantuan kuota di setiap jenjangnya:

  • Siswa PAUD menerima 7GB/bulan
  • Siswa SD, SMP, SMA dan/atau sederajat menerima 10GB/bulan
  • Tenaga pendidik PAUD, SD, SMP, SMA dan/atau sederajat menerima 12GB/bulan
  • Dosen dan Mahasiswa 15GB/bulan

Syarat Penerima Bantuan Kuota Kemendikbud

Berdasarkan informasi di laman Kuota Belajar Kemendikbud Tidak semua bisa menerima bantuan kuota internet dari Kemendikbud karena terdapat ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi. Apa saja syaratnya?

1. Siswa PAUD, SD, SMP, SMA dan/atau sederajat

  • Namanya terdaftar di aplikasi DAPODIK
  • Memiliki nomor ponsel aktif atas nama siswa/orang tua/ anggota keluarga/ wali

2. Tenaga Pendidik PAUD, SD, SMP, SMA dan/atau sederajat

  • Namanya terdaftar di aplikasi DAPODIK
  • Memiliki nomor ponsel yang aktif

3. Dosen

  • Namanya terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif sebagai pengajar atau dosen
  • Memiliki nomor registrasti (NIDK, NIDN, atau NUP)
  • Memiliki nomor ponsel aktif

4. Mahasiswa

  • Namanya terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif sebagai mahasiswa sedang dalam perkuliahan dan/atau menuntaskan gelar ganda (double degree)
  • Memiliki nomor ponsel yang aktif

Bantuan kuota yang diterima akan berlaku selama 30 hari sejak siswa dan tenaga pendidik menerima kuotanya. Jika menerima pada tanggal 11 Maret 2021, maka kuota akan berlaku aktif sampai tanggal 10 April 2021.

Pencairan bantuan kuota internet akan dilakukan dari bulan Maret sampai Mei 2021. Jadi, masa aktif bantuan kuota tersebut terakhir sampai bulan Juni 2021.

Tidak seperti tahun lalu yang kuotanya dibagi-bagi berdasarkan kategori, bantuan kuota tahun ini berlaku atau bisa untuk semua penggunaan (kuota umum) kecuali untuk beberapa aplikasi seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Bagaimana jika belum menerima bantuan atau nomor ponselnya berubah?

Calon penerima bantuan kuota internet wajib melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum April 2021 berakhir. Pimpinan/operator satuan pendidikan mengunggah SPTJM untuk nomor baru dan nomor berubah ke http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk PAUD/DIKDASMEN) dan http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk DIKTI)

Penulis: Tyanna Dwi
Referensi: Kemendikbud


Temukan artikel menarik lainnya seputar Pendidikan Indonesia di Jendelakita.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.