Take a fresh look at your lifestyle.

Program Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia Bantu Tingkatkan Relasi dan Prestasi Mahasiswa

25

Program unggulan Kemendikbud, yakni Kampus merdeka banyak mencakup program lainnya sebagai implementasi. Dari beberapa program tersebut, diantaranya diselenggarakan untuk memperluas ruang lingkup. Program yang dimaksud ialah Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Program Mobilitas Internasional
Mahasiswa Indonesia alias Indonesian International Student Mobility Awards dirancang oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Melalui program tersebut, mahasiswa di seluruh Indonesia yang terpilih diberikan kesempatan selama satu semester, belajar di universitas mitra luar negeri. Lebih tepatnya program tersebut akan diselenggarakan pada September hingga Desember 2021. Dengan begitu, mahasiswa yang terpilih bisa berinteraksi dengan mahasiswa internasional, pengajar dan masyarakat setempat di perguruan tinggi luar negeri. Mahasiswa juga bisa berbaur dengan berbagai kegiatan budaya di perguruan tinggi tersebut.

Program Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru dengan ruang lingkup yang lebih luas. Diharapkan mahasiswa bisa bertukar gagasan dan budaya, serta membangun jejaring dengan teman kuliah, akademisi, dan masyarakat internasional di perguruan tinggi di luar negeri.

Adapun bagi mahasiswa yang berminat mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards, perlu memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  • IPK Minimal 3,0
  • Mahir berbahasa Inggris (TOEFL iBT 80 / TOEFL ITP 550 / IELTS 6.0 / Duolingo 100)
  • Direkomendasikan oleh asal universitas
  • Mahasiswa S1 aktif (semester 4-7)
  • Saat ini terdaftar di Universitas Indonesia di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemdikbud

Sumber Referensi : kemdikbud.go.id

Penulis : Nuranti

Leave A Reply

Your email address will not be published.