Take a fresh look at your lifestyle.

Program Pendidikan Kecakapan Kerja Bantu Kembangkan Pendidikan Vokasi di Indonesia

21
Jendelakita-Ilustrasi pelatihan
Ilustrasi pelatihan

Tahun ini Pemerintah Indonesia kembali menghadirkan program bantuan melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program yang dimaksud yaitu Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). Program tersebut menjadi salah satu fokus kerja utama dalam mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia.

Program PKK adalah program layanan pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada pengembangan keterampilan kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri. Program tersebut diberikan kepada peserta didik agar memiliki kompetensi di bidang keterampilan tertentu yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi untuk bekerja dan terserap di dunia usaha dan industri (DU/DI)

Adapun tujuan program PKK yaitu sebagai berikut :

  1. Mendidik dan melatih peserta didik dengan keterampilan vokasi yang selaras dengan kebutuhan dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja lainnya
  2. Memastikan peserta program PKK mengikuti uji kompetensi
  3. Memastikan peserta terserap di dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja lainnya.

Sasaran program PKK yaitu masyarakat berusia 17 s.d 25 tahun dengan kriteria :

  1. Anak usia sekolah/anak tidak sekolah (ATS) atau lulus tidak melanjutkan. Diprioritaskan bagi masyarakat yang menerima bantuan KIP (Kartu Indonesia Pintar)
  2. Warga belajar paket C kelas akhir
  3. Warga menganggur atau tidak memiliki pekerjaan, bukan merupakan siswa atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan formal. Khusus bagi lulusan diploma atau sarjana yang masih menganggur wajib melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.
  4. Calon peserta wajib memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tidak sedang mengikuti program sejenis yang dibiayai pemerintah pusat maupun daerah.

Sumber Referensi : kemdikbud.go.id

Penulis : Nuranti

Leave A Reply

Your email address will not be published.