Take a fresh look at your lifestyle.

Program SMK Pusat Keunggulan Jadi Terobosan Baru Kemendikbud

24
Pemaparan Program SMK Pusat Keunggulan (Sumber : kemdikbud.go.id)

Masih dalam serangkaian Program Merdeka Belajar yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hadirnya Program Pusat Keunggulan menjadi rangkaian kedelapan. Program tersebut sesuai dengan visi Presiden Jokowi yaitu pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan terobosan baru yang dikhususkan untuk pendidikan menengah kejuruan. Melalui program tersebut, diharapkan bisa menjadi solusi pembenahan kondisi SMK saat ini, agar semakin sejalan dengan kebutuhan dunia kerja. Program SMK Pusat Unggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar dibutuhkan di dunia kerja atau mampu menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi dengan dunia kerja.

Program SMK Pusat Keunggulan sejalan dengan semangat Merdeka Belajar yang memiliki fokus menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja. Diselenggarakannya program ini diharapkan bisa membawa perubahan bagi SMK di Indonesia. Dengan begitu akan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa bisa disesuaikan dengan standar dunia usaha dan dunia industri (DUDI) atau dunia kerja.

Salah satu dukungan penting terhadap program SMK Pusat Keunggulan ini adalah terjadinya sinergi antarjenjang yang ditempuh melalui pendampingan oleh perguruan tinggi mencakup aspek perencanaan dan pengelolaan program SMK Pusat Keunggulan. Kolaborasi dengan pendidikan tinggi, akan memberikan pengalaman tersendiri bagi SMK di dalam memperluas jejang dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) sebagai mitra pembelajarannya.

Setidaknya, ada lebih dari seratus perguruan tinggi calon pendamping SMK Pusat Keunggulan, di antaranya Politeknik Negeri Bandung (Polban), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Telkom, Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Padang (UNP), Politeknik ATMI Solo, Politeknik Negeri Batam, dan masih banyak perguruan tinggi lainnya.

Guna menyukseskan program SMK Pusat Keunggulan, Kemendikbud mengajak pemerintah daerah untuk turut memantau dan mengevaluasi penyelenggaraannya. Kolaborasi dan koordinasi intens antara pemerintah pusat dan daerah diperlukan demi mendukungan penyelenggaraan SMK Pusat Keunggulan yang berkesinambungan.

Sumber Referensi : kemdikbud.go.id

Penulis : Nuranti

Leave A Reply

Your email address will not be published.