Take a fresh look at your lifestyle.

17 Mei, Terbentuknya Hari Buku Nasional di Indonesia

30

Perpustakaan nasional memang sudah berusia cukup lama, sejak peresmiannya pada tanggal 17 Mei 1980 lalu. Pada momen ulang tahun perpustakaan nasional yang ke-22 pada tahun 2002 tercatat sebagai awal terbentuknya Hari Buku Nasional di Indonesia.

Menteri Pendidikan Indonesia dari Kabinet Gotong Royong Bersama, Abdul Malik Fadjar menetapkan pada 17 Mei 2002 sebagai hari buku nasional. Setelah itu, Negara Indonesia resmi memiliki hari buku nasional yang jatuh setiap tanggal 17 Mei.

Pada tahun ini, tahun 2020, bulan Mei menjadi perayaan Hari Buku Nasional ke-20 dan Perpustakaan Nasional sudah mencapai usia ke-42. Ada yang menarik, banyak cara perayaan hari buku di Indonesia tergantung bagaimana setiap individu memaknai hari buku. Contohnya memborong buku baru pada tanggal 17 Mei, jika memiliki uang lebih.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa membuat kegiatan sosial dengan menyumbangkan buku ke perpustakaan atau orang-orang yang tidak sanggup membeli buku. Yang terpenting bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca di Indonesia.

Dengan peringatan ini, seharusnya mampu mendongkrak minat baca dan dunia literasi karena sudah banyak platform dan situs yang menyediakan buku dalam bentuk digital secara gratis.

Oly


Leave A Reply

Your email address will not be published.