Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Sederhana Agar Terhindar dari Virus Corona

139

Virus corona yang berawal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China kini sudah menyebar ke berbagai negara. Virus ini juga sudah menewaskan sedikitnya 80 orang dan menjangkiti 2.000 lebih lainnya. Berikut cara-cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terpapar virus corona, seperti dikutip dari laman Foreign Policy, Sabtu (25/1):

1. Jika akan keluar rumah kenakan sarung tangan, seperti sarung tangan untuk cuaca dingin atau sarung tangan khusus untuk luar ruangan. Tetap kenakan meski berada di dalam kereta, bus, atau tempat umum lainnya.

2. Jika Anda berada dalam situasi yang mengharuskan melepas sarung tangan, misal saat akan berjabat tangan atau makan, jangan sentuh mata atau wajah Anda, betapa pun gatalnya. Tetap jaga agar tangan Anda tidak menyentuh wajah Anda. Sebelum mengenakan kembali sarung tangan Anda, cucilah dulu tangan Anda dengan sabun atau air hangat, cuci bersih sampai ke sela-sela jari lalu kenakan kembali sarung tangan Anda.

3. Ganti sarung tangan setiap hari, cuci bersih, hindari memakai sarung tangan basah.

4. Memakai masker di luar ruangan tidak ada gunanya dan tidak terlalu menolong juga di dalam ruangan. Kebanyakan masker sudah tidak berguna lagi jika sudah dipakai satu atau dua kali. Memakai masker yang sama setiap hari lebih buruk ketimbang tidak berguna–itu menjijikkan karena mulut dan hidup Anda terbekap di dalam masker dan bau yang ditimbulkan bisa mengundang bakteri.

Jika terjadi wabah, sebisa mungkin hindari kerumunan dan jaga jarak dengan orang lain sekitar 1,5 meter. Jika orang itu bersin atau batuk, minta mereka pakai masker untuk melindungi Anda. Jika mereka menolak, maka jauhilah atau pergi saja. Jangan berjabat tangan atau memeluk orang lain, tolaklah dengan sopan demi kebaikan Anda berdua di saat terjadi wabah.

5. Di dalam rumah, ganti semua handuk Anda di kamar mandi atau dapur segera. Ganti dengan handuk bersih yang sudah diberi nama masing-masing keluarga. Perintahkan anggota keluarga hanya memakai handuk mereka saja, jangan sentuh handuk orang lain. Cuci handuk dua kali sepekan. handuk yang basah bisa menjadi sarang virus.

6. Hati-hati dengan gagang pintu. Jika memungkinkan untuk membuka atau menutup pintu dengan siku atau bahu Anda maka lakukan saja. Pakai sarung tangan untuk memutar gagang pintu atau cuci tangan setelah menyentuh gagang pintu. Jika ada orang sakit di rumah Anda, cuci gagang pintu secara berkala. Hati-hati juga dengan pegangan tangga, ponsel, mainan, papan ketik, komputer jinjing dan objek-objek yang harus dipegang atau disentuh. Jika Anda sampai harus memegang itu semua maka jangan sentuh wajah setelahnya dan cuci tangan segera setelah menyentuh objek-objek itu .

7. Jika Anda harus berbagi makanan, jangan pakai sumpit, sendok, garpu Anda sendiri untuk mengambil makanan dari mangkuk atau piring bersama. Beri tahu anak Anda untuk jangan minum dari gelas orang lain atau wadah yang berbagi dengan orang lain. Gunakan sumpit, sendok atau garpu Anda sendiri untuk mengambil makanan dari piring atau mangkuk sendiri.

8. Jangan memakan daging mentah.

9. Jika cuaca mendukung, bukalah jendela rumah atau tempat kerja Anda, biarkan udara bersirkulasi. Virus tidak bisa bertahan di ruangan yang sirkulasi udaranya lancar. Tapi jika cuaca dingin atau buruk, tutuplah jendela dan jaga agar ruangan tetap hangat.

10. Akhirnya jika ada teman atau anggota keluarga yang terpapar demam, pakai selalu masker ketika Anda berada di dekat mereka dan mereka juga harus memakai masker. Ketika Anda harus mengganti masker mereka, lakukan dengan hati-hati dan gunakan sarung tangan lateks untuk memegangnya lalu buang ke tempat sampah sekali pakai. Pakai baju panjang yang menutupi seluruh tubuh ketika kita harus menjaga teman atau keluarga yang terpapar. Bersihkan semua yang dipakai pasien dengan air sabun.

Sumber : Merdeka.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.