Take a fresh look at your lifestyle.

Berikut 4 Jalur PPDB Jenjang SMP untuk Tahun Ajaran 2021/2022

30

Jendela kita, Bogor – Mendekati tahun ajaran baru yang sebentar lagi akan datang, membuat sejumlah calon peserta didik, orantua/wali murid, hingga sekolah di seluruh Indonesia sibuk mempersiapkan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2021/2022.

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 dapat dilaksanakan melalui empat jalur pendaftaran, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orangtua/wali, dan jalur prestasi.

Empat Jalur PPDB Tahun Ajaran 2021/2022

  • Jalur Zonasi

Jalur Zonasi ditujukan untuk calon peserta didik baru yang berdomisili atau bertempat tinggal di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah. Domisili calon peserta didik ini berdasarkan alamat yang tertulis pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB

Serta, sekolah wajib memprioritaskan calon peserta didik yang memiliki kartu keluarga atau surat keterangan domisili dalam satu wilayah kabupaten/kota yang sama dengan sekolah asal.

Namun, perlu diperhatikan lagi karena ada penambahan aturan untuk PPDB jenjang SMP lewat jalur zonasi pada tahun ajaran 2021/2021 ini. Tambahan aturannya, yaitu jika calon perserta didik tidak memiliki kartu keluarga (karena bencana alam/bencana sosial), maka bisa diganti dengan surat keterangan domisili.

  • Jalur Afirmasi

Jalur Afirmasi PPDB jenjang SMP tahun 2021/2021 diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga yang secara ekonomi tidak mampu dan/atau penyangdang disabilitas. Calon peserta didik yang melalui jalur afirmasi ialah peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan.

  • Jalur Perpindahan Tugas Orangtua/Wali

Untuk PPDB jalur perpindahan tugas orangtua/wali diharuskan menyertakan bukti surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang menugaskan/memperkerjakan. Dalam hal ini terdapat sisa kuota jalur perpindahan tugas orang tua atau wali, sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik pada sekolah tempat orang tua wali mengajar.

  • Jalur Prestasi

Calon peserta didik baru jenjang SMP yang melalui PPDB jalur prestasi ditentukan berdasarkan nilai rapor yang dilampirkan bersama dengan surat keteringan perinkat calon peserta didik dari sekolah asal, atau prestasi yang pernah didapatkan selama bersekolah di sekolah sebelumnya baik di bidang akademik, maupun nonakademik.

Nilai rapor yang dimaksud ialah nilai rapor selama lima semester terakhir. Sedangkan untuk bukti yang prestasi yang pernah didapat, diterbitkan paling singkat enam bulan dan paling lama tiga tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

Itulah informasi mengenai empat jalur PPDB jenjang SMP untuk tahun ajaran 2021/2022. Panduan lengkap dan mengenai kebijakannya bisa dilihat di laman resmi Direktorat SMP Kemendikbud.

Penulis: Tyanna Dwi
Referensi: ditsmp kemendibud


Baca artikel menarik lainnya seputar sekolah dan pendidikan di Jendelakita.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.