Take a fresh look at your lifestyle.

MGMP Witim Sukses Adakan Pembelajaran Online, Pengganti Tatap Muka Bulanan

36

Profesi guru lebih independen untuk mengeksplorasi dirinya sebagai pribadi pembelajar dan contoh profesi punya potensi. Kita bisa melihat bagaimana sekolah-sekolah di seluruh dunia beranjak ke luar kelas untuk belajar dan bermain. Guru juga akan muncul disini dengan menggunakan dan memanfaatkan dalam postingan publik di Facebook, Twitter, atau Instagram dan lainnya.

Guru harus terus menerus memperkaya pengetahuannya, metologi mengajar, dan pertumbuhan pribadi yang matang dan asertif. Itulah Guru Penggerak Indonesia Maju. Program guru merdeka adalah sebuah peluang bagi para guru untuk lebih maksimal mengabdi lebih kreatif, inovatif, dan menguatkan kolaborasi, sabtu (28/3/20).

Melalui kegiatan MGMP Bahasa Indonesia Wilayah Timur Pembelajran Online berbasis aplikasi google clasroom, sebagai Kegiatan Pengganti Bulanan dengan membuka Kelas “ONLINE”, yang dilaksanakan pada hari sabtu, 28 Maret 2020 Pukul 09.00 s.d 12.00 WIB.

Kegiatan tersebut menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi semua guru yang ikut serta dengan memanfaatkan “Google Clasroom”. Walaupun bagi sebagian guru itu merupakan hal baru, sehingga dapat menambah pengetahuan serta pemahaman tentang pembelajaran berbasis aplikasi.

Sadan Selaku Pemateri Pembelajaran Online mengatakan bahwa Peserta yang hadir pada kegiatan Pembelajaran Online tersebut sebanyak 99 Peserta, dimulai pada saat Pendaftaran tanggal 20 Maret – 27 Maret 2020.

“Yang kita hadapi sekarang peserta Didik zaman Milenial sangat jauh berbeda Karakter Peserta Didik. Ayoo kita bersama sama belajar & berdiskusi melalui “Google Clasroom” Menjadi bagian aktif dalam gerakan guru sebagai pembelajar,” Ajaknya.

“Betapapun derasnya arus informasi dan teknologi, peran guru tetaplah menjadi kunci dalam pembentukan karakter peserta didik,” Tegasnya.

“Sebagai seorang guru hebat dituntut untuk dapat menciptakan metode pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Apalagi dalam situasi seperti saat ini. Dimana wabah virus corona sedang menimpa di negara Kita Indonesia, sehingga Kita para guru dan siswa diharuskan untuk belajar dan bekerja di rumah,” Ujar Siti Rahayu, M.Pd Ketua MGMP Wilayah Timur.

“Namun itu bukan sebuah Penghalang bagi Kita guru hebat. Melalui forum MGMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia wilayah Bogor Timur bersama guru guru hebat Kita melaksanakan pembelajaran melalui online dengan memanfaatkan Google classroom.
Semoga pembelajaran yang menyenangkan ini dapat membangkitkan kreativitas dan inovasi lainnya di bidang IT dari guru guru hebat,” Tambahnya.

“Selamat belajar dan Salam hangat dari saya untuk guru guru hebat,” Tutupnya.

“Pandemi Corona dan covid 19 menjadi renungan untuk kita semua dan sebagai Guru pembelajar harus bisa menyikapi dengan cerdas kebijakan pimpinan yang mewajibkan anak untuk belajar di rumah,” Ujar Dra. Taty Rahayuningsih, M. Pd. Pengawas Pembina Bahasa Indonesia Wilayah Timur.

“Hal ini sebagai tantangan kita untuk berpikir kritis dan kreatif bagaimana formula yang harus dilakukan seorang guru agar proses PBM tetap berjalan. Pertemuan MGMP melalui google clasroom merupakan satu upaya cerdas dan pembuktian bahwa Guru bahasa Indonesia wilayah Timur selalu ingin belajar yang terbaik untuk anak bangsa,” Terangnya.

“Saya menyambut baik prakarsa dari pengurus yang memfasilitasi pertemuan MGMP sebagai wadah sharing keilmuan dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini sebagai bukti bahwa guru pembelajar tidak buta IT,” Tambahnya.

Selanjutnya, saya menghimbau agar kegiatan tersebut dikembangkan melalui video comprant dengan aplikasi webex atau zoom. Selamat mengembangkan diri dengan shering ilmu secara digital.

(Atx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.