Take a fresh look at your lifestyle.

SD Global Mandiri Cibubur Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional

303

Karya murid SD Global Mandiri Cibubur, Aldrich Wiraputra Sutandi (Richie) dan Samuel Mikael Kartawinata (Sami) berhasil menjadi juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional di Purwokerto. Acara yang diselenggarakan oleh SMA IT Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto yang bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) ini dihelat jumat dan sabtu, 17 dan 18 januari 2020.

Acara ini terbagi menjadi babak penyeleksian administrasi dan final. Di babak administrasi, Richi dan Sami lolos hingga berhak masuk pameran di final.

Di final, mereka menampilkan stand yang unik. Di stand mereka, nampak alur penelitian ditampilkan dalam bentuk Creative Display yang membuat juri dan para pengunjung terhibur dan merasa pantas untuk memberi apresiasi.

Karya ilmiah yang mereka buat sederhana, yaitu Kertas Pematangan Buah (Kertabu) untuk mematangkan buah pisang. Karya ini dinilai oleh juri sebagai karya yang mudah dilakukan oleh anak seusia mereka (SD). Karya tersebut juga bisa diaplikasikan oleh masyarakat luas.

Karya tersebut dibimbing oleh seorang guru bernama Aldi Yudawan. Mr. Aldi-sapaan akrabnya-membimbing penelitian sejak bulan november 2019. Menurut Mr. Aldi, dirinya hanya membersamai murid-murid yang sudah #MerdekaBelajar. Dia hanya menjadi #GuruPenggerak yang membuka jalan bagi tumbuhnya potensi murid-murid.

“Saya hanya membersamai mereka. Bukan membuat mereka juara. Mereka sudah cerdas, sudah #MerdekaBelajar. Tinggal kita sabar barengan dengan mereka mencapai potensi maksimalnya.” Ungkapnya saat selesai penyerahan hadiah.

Dengan juara I LKTI ini, guru yang aktif di Komunitas Guru Belajar (KGB) Bogor itu berharap bahwa di SD Global Mandiri Cibubur akan lebih luas lagi akses para murid untuk berpikir ilmiah dan berkarya. “Murid butuh ruang. Nah, gurulah yang menjadi ruang bagi mereka. Ruang itu artinya bersedia menampung semua potensi mereka dan sabar membersamainya hingga tumbuh maksimal.”

“Di tahun 2020 ini, kami di KGB punya agenda membuat #TeknologiuntukMasaDepan. Semoga ini menjadi satu di antara banyak karya yang akan menjadi pionirnya.” Pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.