Take a fresh look at your lifestyle.

Perjuangan hidup ” Lalu Muhamad Zohri ” dalam meraih mimpinya menjadi atlet .

54

Zohri yang kini berusia 18 tahun sudah menggeluti dunia atletik khususnya lari saat tahun 2016. Asisten pelatih atletik Pusat Pendidikan Latihan Pelajar Nusa Tenggara Barat (PPLP NTB), I Made Budiasa, mengatakan Zohri cukup gemilang di beberapa kejuaraan pelajar tingkat nasional. Di kejuaraan Antar PPLP di Jakarta pada 2016, Lalu berhasil menyelesaikan lari 100 meter dalam waktu 10,88 detik. Catatan waktu terus Zohri terus membaik. Pada Pekan Olahraga Nasional 2017 di Jawa Tengah, dia berhasil mencatatkan 10,26 detik untuk 100 meter.Kemudian di Kejuaraan Nasional Antar PPLP pada 2017 lalu, Zohri juga mencatatkan waktu 10,26 detik.

Nama Zohri mulai mencuat setelah mengikuti Kejuaraan Nasional U-18 dan U-20 di Jakarta April 2017. Kemudian ia dipilih PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia untuk memperkuat timnas Indonesia dan bertanding di Kejuaraan Dunia Remaja di Kenya.Zohri tampil di nomor 200 meter dan merebut emas dengan catatan waktu 21,96 detik. Di ajang kejuaraan dunia IAAF U-20 di Finlandia, Zohri sebenarnya tidak diunggulnya. Mengingat, catatan rekor Indonesia di ajang tersebut tidak begitu baik. Sepanjang sejarah penyelenggaraan IAAF Worl U2- Championship selama 32 tahun, atlet Indonesia paling baik hanya finis di posisi ke delapan.

Di kejuaraan dunia U-20, Zohri mencatatkan waktu 10,18 detik. Dia unggul dari dua atlet asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang mencatatkan waktu 10,22 detik, dilansir dari Iaaf.org. Jika terus diasah, I Made Budiasa yakin Zohri akan melampaui rekor nasional pada nomor lari 100 meter yang dipegang Suryo Agung Wibowo yaitu 10,17 detik.Kemenangan Zohri di kejuaraan dunia atletik ini memberikan asa bagi cabor Atletik Indonesia. Kondisi ini juga dinilai Presiden Joko Widodo sebagai modal yang baik untuk menghadapi Asian Games, Agustus mendatang. Apalagi Zohri masuk ke dalam tim Atletik Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.