Take a fresh look at your lifestyle.

Usia Muda jadi MUA dan Pengusaha, Yuk Intip Kisahnya!

95

Pradina Risqyda Dewi atau yang sering dipanggil Risda atau Dina merupakan perempuan asal Bogor yang lahir pada 9 Februari tahun 2000. Ia merupakan MUA muda sekaligus pengusaha. Perjalanan karirnya ia rintis dari setelah lulus SMA pada tahun 2018. Berawal dari hobi dan kesukaannya pada dunia make up, ia mulai menyalurkan hobinya tersebut dengan bersekolah di sekolah kecantikan LKP Kirana.

Perjuangannya untuk menjadi seorang MUA itu ia rintis dari nol. Ia mulai dari mencicil alat-alat make up, mencari orang untuk dijadikan model make up, meminta kepada kerabat untuk mempromosikan keahliannya, itu ia lakukan dengan sendirinya. Pertama kali ia mencoba merias itu, yang dijadikan modelnya adalah teman-temannya. Pada awal perjalanan karirnya bersekolah di kecantikan, ia mengambil 2 sertifikat. Yang pertama itu sertifikat kecantikan kulit pada tahun 2018 dan sertifikat pengantin putri pada tahun 2019. Ketika ia sekolah di kecantikan itu, ia pun tetap mengambil job merias untuk acara wisuda, dan pertama itu hanya di bayar 25 ribu dan setelah itu, semakin kesini tarifnya pun semakin bertambah. Dari hasil yang di dapat itu, ia tabung sampai akhirnya saat memiliki beberapa aset, seperti gaun-gaun pernikahan yang cukup mewah.

Baca Juga :  Perjuangan hidup " Lalu Muhamad Zohri " dalam meraih mimpinya menjadi atlet .

Perjalanan ia sebagai MUA muda pun tidak selalu mulus. Terkadang ia juga mendapat cibiran yang tidak enak di dengar dari MUA-MUA seniornya, terkadang juga mendapat komplen dari klien, belum lagi ia harus mengorbankan waktunya yang terkadang jam 2 atau jam 3 pagi harus sudah bersiap-siap untuk merias di acara nikahan. Tapi semua perjuangannya itu tidak sia-sia. Dari kerja kerasnya itu, selain ia memiliki aset, ia juga bisa mempekerjakan orang-orang di sekitarnya, untuk menjadi tim rias, untuk menjadi asistennya, untuk menjadi supirnya. Selain itu juga bisa bekerja sama dengan vendor-vendor untuk acara wedding.

Selain menjadi MUA, ia juga menjadi pengusaha. Usaha yang ia rintis pun berawal dari nol, dengan modal sendiri. Usaha yang ia jalankan yaitu di bidang fashion seperti hijab dan baju. Pada awal perjalanannya pun ia melakukannya sendiri, mulai dari mencari bahan yang berkualitas, mencari tukang jahit yang bisa diajak bekerja sama, mempromosikan kepada teman-temannya, mencari pelanggan, itu semua dilakukannya sendiri. Sampai akhirnya dengan kegigihannya, kesabarannya, yang tadinya usaha itu rugi, kini usaha itu semakin maju pesat, dan ada juga beberapa reseller yang bekerja sama.

Untuk saat ini, usaha dan pekerjaan MUA itu ia promosikan melalui media sosial instagram. Untuk usahanya itu bernama @halwa.project dan untuk pekerjaannya di bidang MUA itu bernama @dinssmakeup

Jurnalis (Yollana Mukti Jabariyah (032118077) )

Leave A Reply

Your email address will not be published.