Take a fresh look at your lifestyle.

Pendidikan Karakter Penting Untuk Kemajuan Bangsa

60

Di era teknologi yang semakin maju ini, pendidikan karakter menjadi salah satu faktor utama dalam memajukan bangsa kita ini. Pendidikan karakter ini merupakan hal internal yang dimiliki setiap individu untuk berinteraksi dengan baik terhadap lingkungan sekitarnya.

“Apa itu moralitas? Moralitas adalah prinsip-prinsip dasar hidup, prinsip-prinsip dasar cara berinteraksi dengan sesama manusia, prinsip dasar cara berinteraksi antar organisasi atau institusi,” ujar Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dikutip dari Tribunnews.com pada (30/11/2019).

Untuk membangun pendidikan karakter anak, tentunya penting dilakukan ketika anak masih berusia dini dengan mengajarkan hal yang mendasar. Pembentukan karakter ini bisa dilakukan dengan cara pembiasaan seperti memupuk kebiasaan berperilaku yang baik, sementara kebiasaan berperilaku buruk dikurangi dan dihilangkan.

“Karena kita enggak mungkin menyuruh dia untuk baca buku tentang moral, karakter atau velue. Jadi kita tunjukkan langsung bagaimana cara untuk berperilaku, jika salah ya minta maaf dan sebagainya. Dan juga memberikan reward and punishment. Kalau dia berperilaku baik kita kasih permen. Kalau perilakunya tidak menunjukkan itu ya kita kasih pengertian,” ujar Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dikutip dari Tribunnews.com pada (30/11/2019).

Namun dewasa ini, pendidikan karakter bukan hanya sekedar mengetahui perilaku yang baik atau buruk saja, tetapi juga penting untuk menimbulkan efek baik terhadap pendidikan karakter yang diajarkan.

Pendidikan karakter yang bertujuan memajukan bangsa, tentunya mengharapkan anak-anak bangsa bisa membentengi diri dari berbagai serangan di era globalisasi yang ada, lebih jeli dalam menerima infomasi dari sosial media, dan bisa mengambil keputusan secara tepat dengan mempertimbangkan moral yang ada. Sehingga bisa dikatakan pendidikan karakter tersebut berhasil tertanam dalam diri anak bangsa.

Nur Rohmah Sa’adah

032117082

Leave A Reply

Your email address will not be published.