Take a fresh look at your lifestyle.

Pesona Curug Nangka Bogor

89

Bogor merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak objek wisata yang menyejukan dan sudah pasti hits. Mulai dari wisata air, taman, hutan, pegunungan, tempat bersejarah, museum, wisata kuliner dan lain sebagainya. Bogor menjadi tujuan destinasi wisata bagi beberapa kota penyanggah atau bagi wisatawan mancanegara, karena memiliki daya tarik dan keunikannya tersendiri. Contohnya kebun raya Bogor, taman safari atau beberapa air terjun yang memukau.

Nah, bagi Anda yang bosan dengan keramaian, namun ingin tetap bisa menikmati keindahan alam dengan udara yang lebih sejuk dan alami, ada baiknya berwisata ke kawasan curug (air terjun), seperti Curug Nangka. Curug Nangka sendiri sangat identik dengan hewan endemik yakni kera atau monyet yang masih sangat banyak dan berkeliaran di wilayah tersebut. Curug Nangka berada di desa Warung Loa, Kec. Tamansari, Kab. Bogor, Provinsi Jawa Barat. Berjarak kurang lebih sekitar 25 km dari Kota Bogor lewat jalan raya Ciapus yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 sampai 45 menit menggunakan kendaraan sampai pintu gerbang.

Untuk menikmati keindahan dan kesejukan curug nangka, kita harus berjalan kaki dari parkiran sampai ke curug utama yakni berkisar kurang lebih sekitar 1,5 km. curug nangka sendiri memiliki tiga tingkatan curug. Selain bisa menikmati keindahan Curug Nangka, ditempat ini kita bisa menikmati curug lainnya juga, yakni Curug Daun dan Curug Kawung. Untuk bisa memasuki kawasan Curug Nangka anda harus membayar Rp.7500 di gerbang pertama dan Rp.2500 di gerbang kedua, kemudian membayar Rp.5000 untuk parkir kendaraan.

Beberapa fasilitas yang tersedia di dalam tempat wisata ini antara lain pos jaga, pondok kerja, loket karcis, tempat parkir, MCK, shelter, ruang informasi serta tempat sampah. Di tempat ini juga sangat mendukung jika melakukan berbagai kegiatan seperti ‘hiking’, tempat wisata ini juga bisa digunakan untuk wisata kemah. Anda juga akan menjumpai banyak warung-warung yang menjajakan makanan di sekitar kawasan Curug Nangka. Nah, jadi bagi anda yang ingin bersantai dari aktifitas padat sehari-hari, cobalah datang ke Curug Nangka ini.

Jurnalis : Fikri Haikal Maulana (032118007)

Leave A Reply

Your email address will not be published.