Take a fresh look at your lifestyle.

PPG Daljab 2020 -Uji Komprehensif Unpas Berjalan Lancar

124

Pelaksanaan PPG Daljab diperuntukkan bagi mereka yang telah tercatat sebagai guru pada tahun 2015 dan memiliki kualifikasi S-1. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, PPG Daljab 2020 dilaksanakan sepenuhnya secara daring. Hal ini dilakukan mengingat adanya pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19.

Dalam tahapan PPG Daljab 2020, sebelum menempuh Uji Kinerja, mahasiswa PPG wajib mengikuti uji komprehensif. Bahan ujian diambil dari salah satu perangkat pembelajaran yang telah direvisi berdasarkan hasil reviuw dan diunggah di LMS. Pelaksanaan uji komprehensif ini dilaksanakan oleh masing-masing LPTK .

LPTK yang turut melaksanakan uji komprehensif PPG salah satunya adalah Universitas Pasundan, Bandung. Pelaksanaan uji komperehensif pada Sabtu, 10 Oktober 2020 untuk dua program studi yakni Bahasa Indonesia dan Matematika. Adapun untuk susulan dilaksanakan pada hari Senin, 12 Oktober 2020, sedangkan perbaikan pada hari Selasa, 13 Oktober 2020.

Uji komperhensif Program Studi Bahasa Indonesia di Universitas Pasundan diikuti sebanyak 50 peserta yang dikelompokkan ke dalam 5 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang mahasiswa yang diuji oleh 2 orang dosen penguji di sebuah ruang khusus secara bergantian. Masing-masing mahasiswa mendapatkan waktu selama 50 menit dengan rincian 30 menit untuk praktik dan 20 menit untuk uji pengetahuan. Uji pengetahuan diberikan dosen penguji secara lisan.

Sebelum memasuki ruangan khusus seluruh peserta dikumpulkan di ruang utama melalui aplikasi zoom meeting. Kemudian, pembawa acara akan memanggil setiap peserta secara acak untuk memasuki ruang khusus sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Di ruangan itulah para mahasiswa akan diuji.

Pelaksanaan ujian dimulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Para peserta tampak bersemangat mengikuti ujian yang hingga menit terakhir dapat berjalan dengan lancar.
“Alhamdulillah, saya dapat melaksanakan ujian dengan lancar. Jaringan internet cukup stabil,” tutur Ibu Goris Avria , salah satu peserta uji komprehensif saat itu.

Kresna

Leave A Reply

Your email address will not be published.