Take a fresh look at your lifestyle.

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SD MENGGUNAKAN JALAN MATEMATIKA

74

Matematika merupakan ilmu yang penting karena matematika sangat berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari sehingga dengan segera peserta didik akan mampu menerapkan matematika dalam konteks yang berguna bagi dirinya, baik dalam dunia kehidupan ataupun dalam dunia kerja kelak. Selain itu, mempelajari matematika dapat membiasakan seseorang berfikir logis, kritis, serta dapat meningkatkan daya kreativitasnya.  Namun pada kenyataannya, Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit yang akhirnya menyebabkan peserta didik pun menjadi kurang menyukai dan kurang minat dalam belajar matematika sehingga peserta didik malas untuk belajar matematika dan lebih memilih untuk bermain salah satunya bermain game online yang menghabiskan banyak waktu di depan PC/gadget.

Seiring perkembangan zaman, teknologi pada game pun juga semakin canggih dan dapat membawa pengaruh terhadap pengguna game. Game online memberikan kepuasan dan penghormatan dari orang lain yang mungkin tidak didapatkan oleh para pemain lain di dunia nyata. Bahkan akses game online pun sangat bebas hingga semua umur bisa dapat memainkan game online, salah satunya anak-anak yang masih berada pada jenjang sekolah dasar. Beberapa dampak negatif dari bermain game online ialah peserta didik yang sudah mengalami ketergantungan pada aktivitas game akan menjauhkan dirinya dari kelompok sosialnya dan lebih memilih bermain game daripada bermain dengan teman yang membuat dirinya kurang bereksplorasi dengan dunia nyata, tidak peka terhadap lingkungan, bahkan bisa membentuk kepribadian asosial dimana anak tidak mempunyai kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. Maka dari itu, penulis ingin menumbuhkan minat belajar matematika pada peserta didik khusunya untuk tingkat SD yang dimana pada masa itu pada perkembangan kognitif anak memiliki rasa ingin tau yang lebih dengan cara mengajak peserta didik untuk belajar diluar sambil bermain dengan menggunakan aktifitas fisik dan mengasah kemampuan kognitifnya serta menumbuhkan rasa sosial yang tinggi.

Salah satunya dengan membuat pembelajaran outdoor berupa jalan matematika yang dimana di jalan tersebut terdapat materi-materi dasar mengenai perkalian satu sampai sepuluh, pembagian satu sampai sepuluh, beberapa rumus keliling dan luas untuk bangun datar yang dipelajari di tingkat SD seperti persegi, persegi panjang, dan lain-lain serta beberapa rumus luas permukaan dan volume bangun ruang untuk SD. Untuk mengevaluasi pemahaman mereka mengenai materi diatas, peserta akan bermain permainan kotak matematika yang terdiri dari 16 kotak persegi dengan 2 mata dadu.

Description: F:\hani\INOVASI PEMBELAJARAN\IMG-20200326-WA0109.jpgDescription: F:\hani\INOVASI PEMBELAJARAN\IMG-20200326-WA0110.jpg

Tampilan media pembelajaran jalan matematika

Tata cara bermainnya pun sangat mudah. Sebelum beranjak ke permainan kotak matemtaika, peserta diminta untuk belajar terlebih dahulu mengenai materi matematika dasar. Setelah peserta sudah dapat memahami materi tersebut, peserta diminta untuk berdiri di garis start permainan. Untuk dapat masuk ke arena permainan, peserta harus mendapatkan mata dadu 1 atau 2 dan dapat menjawab pertanyaan yang diberikan penulis dengan benar dalam waktu kurang dari 5 detik. Hal itu berlaku juga untuk kotak selanjutnya hingga mencapai kotak ke 16 dan melalui garis finish. Bagi peserta yang melewati garis finish terlebih dahulu, dialah yang akan mendapatkan penghargaan dari penulis, bisa berupa alat tulis ataupun jajanan yang menyehatkan.

Description: F:\hani\INOVASI PEMBELAJARAN\IMG_20200402_103415.jpg
Description: C:\Users\Asus\Pictures\Screenshots\Screenshot (2).png

Dokumentasi saat peserta belajar sambil bermain menggunakan media pembelajaran jalan matematika

Hasilnya, seluruh subjek mengakui bahwa pembelajaran outdoor dengan menggunakan media jalan matematika ini menarik dan menyenangkan serta memudahkan mereka untuk dapat belajar memahami materi matematika dasar. Media jalan matematika ini juga dapat membantu mereka untuk mencegah dari kecanduan bermain gadget seperti game online dan dapat membuat mereka dapat bergerak aktif serta menumbuhkan rasa sosial mereka saat bermain kotak matematika yang membutuhkan banyak teman dalam permainannya. Namun, media ini masih memiliki banyak kekurangan seperti membutuhkan banyak biaya untuk pengaplikasiannya dan masih belum bisa di praktekan dalam kelas karna membutuhkan lahan yang luas. Tetapi, kekurangan itu dapat diperbaiki dengan mengganti bahan-bahan pembuatan yang lebih murah dan dapat disesuaikan dengan luasnya lahan yang tersedia.

Bahan bacaan :

Penulis : Hanifah Zahra ‘Ashri, mahasiswa S1 program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Indonesia. Kontak : hanifahzahra36@gmail.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.